Proses Pembentukan Embrio Pada Manusia

Proses Pembentukan Embrio Pada ManusiaPernahkah terpikir oleh kalian bagaimana mulanya kalian terbentuk dari dalam rahim ibu kalian? Ada beberapa tahap yang harus dilewati sebelum akhirnya menjadi diri kalian seperti sekarang ini. Sel telur yang dibuahi oleh sperma menghasilkan sel yang disebut sebagai zigot. Kemudian, zigot akan berkembang menjadi embrio. Lalu bagaimanakah proses pembentukan embrio pada manusia? Untuk mengetahuinya perhatikan dengan baik rangkuman dari Gudang Biologi berikut ini.

Proses Pembentukan Embrio Pada Manusia

TAHAP PEMBENTUKAN EMBRIO PADA MANUSIA


Ovulasi

Setiap bulan, sebuah sel telur yang telah matang dilepaskan dari dua ovarium wanita, yang disebut dengan ovulasi. Ovulasi berlangsung kira-kira dua minggu setelah hari pertama periode menstruasi terakhir.

Perjalanan menuju Tuba Fallopi

Sekali telur dilepaskan dari ovarium, sel telur tersebut berjalan menuju tuba fallopi dimana ia menetap sampai sebuah sel sperma masuk dan berlangsung pembuahan.

Perjalanan panjang Sel Sperma

Ketika ejakulasi terjadi, sekitar 40-150 juta sel sperma ditembakkan, dan sel sperma tersebut berenang dengan cepat menuju tuba fallopi dalam misinya untuk membuahi sebuah sel telur. Sebuah sel sperma yang berenang cepat dapat mencapai sel telur dalam waktu setengah jam, dan yang lain mungkin mengambil waktu beberapa hari. Sel sperma dapat hidup di sana 48-72 jam. Hanya beberapa ratus sel sperma saja yang dapat mendekati sel telur, karena banyaknya rintangan dan halangan alami yang ada di saluran reproduksi wanita.

Pembuahan

Ketika sebuah sel sperma bertemu dan masuk ke dalam sel telur, maka akan terjadi pembuahan. Proses pembuahan berlangsung sekitar 24 jam. Ketika pembuahan terjadi, terjadi perubahan di permukaan sel telur yang mencegah sel sperma lain untuk masuk. Ketika pembuahan terjadi, perubahan genetik telah lengkap, termasuk jenis kelamin bayi.

Sel Mulai Membelah

Sel telur yang telah dibuahi membelah dengan cepat, tumbuh menjadi beberapa sel. Ia mulai meninggalkan tuba fallopi dan masuk ke dalam uterus tiga sampai empat hari setelah pembuahan.

Implantasi

Setelah masuk ke dalam uterus, sel telur yang telah dibuahi menempel di dinding uterus atau endometrium. Proses ini disebut Implantasi. Sel telur terus membelah diri.

Perkembangan Janin

Setelah implantasi, beberapa sel menjadi plasenta sementara yang lain menjadi embrio. Jantung janin mulai berdetak pada minggu ke lima. Otak, saraf tulang belakang, hati, dan organ lain mulai terbentuk. Seorang bayi "utuh" biasanya lahir sekitar 40 minggu.

Setelah membaca penjelasan di atas tentunya kalian sudah mengetahui tentang tahapan Proses Pembentukan Embrio Pada Manusia. Tentunya syarat agar  zygot -> embrio -> janin, sel terus harus dibuahi terlebih dahulu oleh sel sperma. Semoga ulasan kali ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian, sampai jumpa pada ulasan selanjutnya.
Proses Pembentukan Embrio Pada Manusia | Gilang Jaka Pramana | 5