Macam–Macam Jaringan pada Tumbuhan dan Fungsinya

Macam–Macam Jaringan pada Tumbuhan dan FungsinyaKali ini Gudang Biologi akan membahas mengenai struktur pada tumbuhan terutama jaringan. Seperti yang kalian ketahui jaringan merupakan kumpulan dari sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Jaringan pada tumbuhan membentuk suatu organ yaitu akar, batang, dan daun. Kali ini Gudang Biologi akan mengulas mengenai Jaringan pada Tumbuhan. Apa saja jaringannya dan bagaimana fungsinya? Mari simak ulasan berikut.
Macam–Macam Jaringan pada Tumbuhan dan Fungsinya


Macam–Macam Jaringan pada Tumbuhan dan Fungsinya


Jaringan Meristem

Merupakan jaringan yang terdiri dari sel-sel tumbuhan yang aktif membelah. Sel-sel meristem akan menghasilkan sel baru yang sebagian dari hasil pembelahannya akan tetap berada di dalam meristem. Sedangkan sel-sel baru yang digantikan kedudukannya oleh sel meristem disebut dengan derivatif atau turunan. Fungsi jaringan ini sesuai dengan strukturnya  adalah untuk melakukan pembelahan.

 Jaringan Parenkim

Jaringan parenkim disebut juga jaringan dasar memiliki ciri-ciri dinding sel yang tipis, memiliki banyak vakuola, banyak memiliki ruang diantara sel. Fungsi dari jaringan ini yaitu untuk menyimpan cadangan makanan, tempat berlangsungnya fotosintesis, dan sebagai jaringan penyokong.

Jaringan Pelindung

Fungsi jaringan ini untuk melindungi tumbuhan dari gangguan dunia luar. Jaringan pelindung terdiri dari Jaringan Epidermis dan Jaringan Gabus. Jaringan epidermis  merupakan lapisan paling luar dari tumbuhan dan tersusun dari sel selapis yang sangat rapat. Kemudian, jaringan gabus yang terdapat pada lentisel. Jika jaringan epidermis mati maka jaringan gabus akan menggantikan fungsi dari epidermis.

Jaringan Penguat

Jaringan penguat terdiri dari Jaringan Kolenkim dan Jaringan Sklerenkim. Keduanya memiliki fungsi untuk memberi kekuatan atau keseimbangan pada pertumbuhan tanaman, sehingga tanaman dapat berkembang dengan baik. Jaringan kolenkim memiliki ciri yaitu dinding selnya terdiri dari selulosa dan pektin, sedangkan jaringan sklerenkim memiliki dinsing sel yang mengandung lignin.

Jaringan Pengangkut

Jaringan pengangkut terbagi menjadi dua yaitu Xilem (Pembuluh Kayu) dan Floem (Pembuluh Tapis). Fungsi jaringan xilem yaitu mengangkut unsur hara dari dalam tanah untuk fotosintesis, sedangkan jaringan floem berfungsi untuk mengedarkan hasil fotosintesis ke seluruh bagian tanaman.

Sekian ulasan dari Gudang Biologi mengenai Macam-Macam Jaringan Pada Tumbuhan dan Fungsinya. Semoga ulasan kali ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kalian tentang tumbuhan. Bahwa di dalam tubuh tumbuhan terdapat struktur yang kompleks dan menjalankan perannya masing-masing. Sampai jumpa di ulasan berikutnya.
Macam–Macam Jaringan pada Tumbuhan dan Fungsinya | Gilang Jaka Pramana | 5