Fungsi Bronkus Pada Sistem Pernapasan Manusia

Fungsi Bronkus Pada Sistem Pernapasan Manusia – Manusia memiliki salah satu organ pernapasan yang memudahkan udara untuk masuk ke dalam paru-paru yang dinamakan dengan bronkus. Percabangan dari bronkus disebut bronkiolus. Bronkus terdiri dari dua cabang satu menuju ke paru-paru kiri dan  yang lain menuju paru-paru kanan. Selain menyalurkan udara,  apakah peran bronkus pada sistem pernapasan manusia? Untuk mengetahuinya simak ulasan dari Gudang Biologi berikut ini.

Fungsi Bronkus Pada Sistem Pernapasan Manusia

Fungsi Bronkus Pada Sistem Pernapasan Manusia

Ada beberapa fungsi dari bronkus diantaranya :
  1. Sebagai saluran utama menuju alveolus.
  2. Menangkap debu yang hendak masuk ke paru-paru. Dinding bagian dalam bronkus yang dilapisi lendir dapat membuat partikel asing dan debu menempel di lapisan lendir tersebut.
  3. Mengeluarkan debu dan partikel asing dari paru-paru dengan bantuan silia (bulu-bulu halus bergetar) yang banyak terdapat di dinding bronkus.
  4. Sebagai konduktor udara antara atmosfer dan alveoli.
  5. Menghubungkan tenggorokan dan paru-paru.
  6. Mencegah infeksi paru-paru dengan mencegah partikel atau bakteri penyebab infeksi masuk ke paru-paru.
  7. Membantu paru-paru untuk bernapas lebih dalam dan lebih cepat setelah berolahraga atau setelah melakukan pekerjaan berat. Ketika kondisi tubuh sangat letih, tubuh akan melepaskan hormon norepinefrin yang dapat membuat otot polos bronkus beristirahat sehingga lebih banyak lagi udara yang masuk ke paru-paru.
  8. Mengontrol jumlah udara yang didistribusikan melalui paru-paru dengan konstriksi dan dilatasi.

Sekarang kalian sudah mengetahui tentang Fungsi Bronkus Pada Sistem Pernapasan Manusia. Bronkus sangat penting perannya dalam sistem pernapasan, karena sebelum bakteri atau partikel asing masuk ke paru-paru terlebih dahulu sudah disaring oleh bronkus. Semoga ulasan kali ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Sekian ulasan dari Gudang Biologi, sampai jumpa pada ulasan selanjutnya.
Fungsi Bronkus Pada Sistem Pernapasan Manusia | Gilang Jaka Pramana | 5