Anatomi Bagian-Bagian Telinga dan Fungsinya

Anatomi Bagian-Bagian Telinga dan Fungsinya Telinga merupakan organ pendengaran  yang berperan dalam menjaga keseimbangan tubuh. Selain keseimbangan tubuh, telinga juga berfungsi dalam hal sensitivitas suara. Berkaitan dengan fungsinya tersebut tentu ada peran dari masing-masing struktur di dalam telinga. Apa sajakah bagian-bagian dari telinga dan apa saja fungsinya? Untuk mengetahuinya simak ulasan dari Gudang Biologi berikut ini:

Anatomi Bagian-Bagian Telinga dan Fungsinya

Bagian-Bagian Telinga dan Fungsinya

Telinga mempunyai 3 bagian yaitu bagian luar, bagian tengah, dan bagian dalam.   Untuk bagian-bagian telinga yang berfungsi dalam pendengaran terdiri atas bagian luar, bagian tengah, dan koklea.  Sedangkan bagian-bagian telinga yang berfungsi dalam keseimbangan yaitu kanal semisikular, utrikel, dan sakulus.

Bagian Telinga Luar

Bagian luar terdiri atas dua bagian yaitu. Aurikula dan Meatus Akustik.  Aurikula (Kuping Telinga) menonjol dari samping kepala,  berbentuk tipis dan elastis, ditutupi oleh kulit yang berbentuk corong atau kuping telinga yang mengantar gelombang suara menuju meatus akustik eksterna. Sedangkan, Meatus akustik eksterna adalah bagian telinga yang membentuk kanal yang melengkung, yaitu lengkungan depan-atas, lengkungan belakang atas, dan lengkungan depan dan sedikit menurun.  Pada tepi kulit kartilago meatus dapat ditemukan rambut rambut halus dan banyak kelenjar yang mengekskresikan serumen. Serumen merupakan zat yang berfungsi untuk melindungi kanal atau saluran telinga dari debu dan benda asing lain.

Bagian Telinga Tengah

Pada bagian telinga tengah terdapat tiga tulang tipis yang disebut osikel. Fungsi tulang osikel adalah menghantarkan getaran ke membran timpani melalui telinga dalam. Osikel terdiri atas tiga tulang tipis yaitu Maleus, Inkus, dan Stapes. Tulang Maleus (Tulang Martil) adalah bagian osikel pada telinga tengah yang berada di dekat membran timpani. Setelah itu, ada Tulang Inkus (Landasan) yang membentuk sendi dengan tulang maleus dan tulang stapes. Tulang Stapes (Sanggurdi) adalah tulang kecil yang berada pada bagian dasar osikel dan mengarah ke bagian dalam telinga.

Bagian Telinga Dalam

Telinga bagian dalam merupakan bagian  terdalam dari telinga. Telinga dalam terdiri dari Koklea (Rumah Siput) yaitu lapisan yang terdiri dari banyak sel-sel saraf. Koklea juga merupakan pusat pendengaran dari telinga bagian dalam dan organ cairan yang menerjemahkan getaran suara menjadi impuls pendengaran yang dapat dimengerti otak. Kemudian Saluran Setengah Lingkaran yang berisi cairan dan melekat pada koklea. Fungsi saluran setengah lingkaran ini untuk membantu dalam mempertahankan keseimbangan. Serta Saraf Auditori yang dihasilkan oleh sel-sel saraf, yang kemudian diterukan ke otak.


Demikian ulasan dari Gudang Biologi kali ini mengenai Anatomi Bagian-Bagian Telinga dan Fungsinya, semoga dapat membantu menambah pengetahuan kalian. Sampai jumpa pada ulasan selanjutnya.
Anatomi Bagian-Bagian Telinga dan Fungsinya | Gilang Jaka Pramana | 5