Fungsi Hidung dan Bagian-Bagian Hidung Pada Manusia

Fungsi Hidung dan Bagian-Bagian Hidung Pada Manusia – Hidung merupakan salah satu alat indera yang berfungsi untuk mengenali bau dan bernafas. Bernafas juga bisa dilakukan oleh mulut, akan tetapi lebih baik menggunakan hidung karena kotoran tidak akan mudah masuk ke dalam tubuh saat masuk ke hidung. Di dalam hidung terdapat bagian-bagian yang memiliki fungsinya masing-masing, salah satunya menahan dan menyaring kotoran yang masuk. Apa saja bagian-bagian tersebut dan apa sajakah fungsinya? Simak ulasan Gudang Biologi berikut ini:

Fungsi Hidung dan Bagian-Bagian Hidung Pada Manusia

Fungsi Hidung dan Bagian-Bagian Hidung Pada Manusia


Lubang Hidung

Setiap manusia mempunyai dua lubang hidung secara normal, dimana lubang hidung tersebut berhubungan dengan rongga hidung. Dalam rongga hidung ada rambut hidung dan juga terdapat selaput lendir, fungsinya yaitu untuk menahan berbagai kotoran yang masuk dalam hidung, tepatnya pada waktu bernafas.

Rongga Hidung

Rongga hidung terbagi dalam 3 wilayah yaitu :
  1. Wilayah penciuman, berada pada puncak dari rongga hidung dan dilapisi dengan sel penciuman dan reseptor penciuman.
  2. Wilayah pernapasan, merupakan bagian yang paling besar dan dilapisi dengan epitel bersilia.
  3. Vestibulum, pada rongga hidung mengacu ke daerah sekitar pembukaan eksternal sampai dengan rongga hidung manusia.

Rambut Hidung

Di dalam lubang hidung selalu ada rambut hidung dan selaput lendir yang mempunyai kegunaan menyaring dan melindungi rongga hidung dari masuknya benda asing berupa debu-debu atau hasil dari reaksi radikal bebas seperti asap kendaraan, asap pembakaran sampah atau asap rokok.

Sel Saraf Pembau

Sel saraf pembau memiliki fungsi menangkap adanya zat kimia yang ada di dalam udara dan kemudian kita bisa membaui bau yang ada di udara. Sel saraf pembau mempunyai rambut halus, dimana rambut halus ini berhubungan ke urat saraf dan juga bersatu menjadi saraf penciuman menuju otak. Saraf pembau di hidung manusia berada pada bagian selaput lendir di rongga hidung atas dan permukaan hidung tengah.

Sinus

Sinus adalah 4 buah rongga yang mempunyai letak berbeda di sekitar daerah hidung. Sinus berada pada bagian rongga samping dan atas dari hidung dan sudah terbentuk sejak pertama kali seseorang dilahirkan. 

Tulang Rawan

Fungsi tulang rawan yakni sebagai pembentuk hidung. 

Pemisah (Septum)

Septum yakni yang memisahkan hidung menjadi dua bagian atau dua rongga yang membentengi hidung ke dari depan hingga ke dalam hidung.

Sekarang kalian sudah mengetahui Fungsi Hidung dan Bagian-Bagian Hidung Pada Manusia. Semoga ulasan kali ini dapat menambah pengetahuan kalian tentang bagaimana pentingnya hidung bagi kehidupan kita, akan sangat terasa fungsinya jika kita terkena flu sangat susah untuk bernapas bahkan mencium bau yang ada di udara. Oleh karena itu kita harus menjaga dengan menjaga kesehatan. Sekian ulasan dari Gudang Biologi, sampai jumpa pada ulasan selanjutnya.
Fungsi Hidung dan Bagian-Bagian Hidung Pada Manusia | Gilang Jaka Pramana | 5