Dampak Negatif Penerapan Bioteknologi Terhadap Kehidupan Kita

Dampak Negatif Penerapan Bioteknologi Terhadap Kehidupan - Bioteknologi merupakan prinsip-prinsip teknologi dan ilmu yang diterapkan untuk memproses materi dengan menggunakan agen biologi guna meningkatkan nilai tambah dari suatu hal. Meski manfaatnya sudah dapat kita rasakan bersama akan tetapi dampak dari penerapan bioteknologi ternyata memiliki nilai yang negatif pula. Di dalam postingan Gudang Biologi kali ini kita akan membahas bersama beberapa contoh dampak negatif yang dapat ditimbulkan dari penerapan bioteknologi di dalam kehidupan kita sehari-hari.

Dampak Negatif Penerapan Bioteknologi Terhadap Kehidupan Kita

Contoh-Contoh Dampak Negatif Penerapan Bioteknologi


Dampak Terhadap Lingkungan

Selain membawa dampak positif, aplikasi dari bioteknologi nyatanya menyebabkan beberapa akibat buruk bagi lingkungan kita. Sebagai contoh di dalam proses pembuatan tempe ataupun kecap tentu akan menghasilkan limbah yang bisa mencemari lingkungan. Air sisa proses pebuatan tempe apabila dibiarkan dalam waktu yang lama tentu akan mengakibatkan pencemaran lingkungan apalagi bila limbah tersebut tida diproses dan dibuang dengan baik. Bahkan limbah tersebut bisa meracuni ikan-ikan apabila dialirkan ke sungai. di samping itu baunya yang tidak sedap dapat mengakibatkan polusi udara.

Contoh lainnya adalah proses rekayasa genetika, melepaskan organisme transgenik ke alam bebas akan mengakibatkan pencemaran biologi yang bahkan lebih berbahaya dari pencemaran kimia ataupun nuklir. dengan adanya rekayasa genetika perubahan genotype berlangsung dengan tidak alami. Akibatnya makhluk hidup yang dihasilkan akan seragam, ini tentunya bertentangan dengan prinsip dasar biologi yaitu keanekaragaman.


Dampak Terhadap Kesehatan

Ada beberapa hasil dari rekayasa genetika yang ternyata menimbulkan beberapa masalah serius bagi kesehatan. Contohya adalah tomat Flavr Savr yang ternyata mengandung gen resisten terhadap antibiotic. Contoh lainnya adalah sapi yang disuntik hormone BGH akan menghasilkan susu yang mengandung bahan kimia tertentu yang memiliki potensi bahaya terhadap kesehatan manusia.

Dampak terhadap Sosial Ekonomi

berbagai jenis penerapan dari bioteknologi memiliki pengaruh yang cukup besar bagi kehidupan ekonomi kita. Selain meningkatkan pendapatan karena produksi yang meningkat di bidang peternakan ataupun pertanian, ternyata penerapan bioteknologi juga bisa menimbulkan efek negatif. contohnya adalah petani kecil yang terkadang dirugikan oleh adanya rekayasa bioteknologi. Penggunaan hormon pertumbuhan pada sapi akan meningkatkan produksi susu sampai 20%, hal tersebut dapat menimbulkan kesenjangan ekonomi. di samping itu, apabila tanaman-tanaman seperti kopi, cengkeh, jagung, kako, ginseng, vanili, dan sebagainya terus dimodifikasi nantinya akan berakibat pada hilangnya varietas aseli dari tanaman-tanaman tersebut.

Dampak Terhadap Etika

Rekayasa genetika menimbulkan banyak pertentangan di masyarakat. Menodifikasi sifat gen dari makhluk hidup tentunya melanggar hukum alam dan agama yang akan sulit diterima oleh masyarakat. Pemindahan gen manusia ke hewan juga telah ditentang oleh 90% masyarakat di Amerika yang menganggap hal tersebut tidak etis. 75% diantaranya juga menentang pemindahan gen dari hewan satu ke hewan yang lain. rekayasa genetika ternyata dapat menimbulkan dampak yang kurang bai terhadap nilai-nilai budaya serta sifat alami dari makhluk hidup itu sendiri.

Itulah beberapa contoh dari dampak negatif penerapan bioteknologi terhadap kehidupan kita. Setiap hal pasti ada sisi positif dan negatifnya. Kita sebagai manusia yang cerdas harus pandai-pandai memilah teknologi mana yang bermanfaat dan teknologi mana yang menimbulkan dampak buruk. Sebagai manusia, kitalah yang bertanggung jawab atas alam tempat kita tinggal.
Dampak Negatif Penerapan Bioteknologi Terhadap Kehidupan Kita | Gilang Jaka Pramana | 5