Anatomi dan Fungsi Telinga pada Manusia

Anatomi dan Fungsi Telinga pada Manusia Telinga merupakan organ penting yang membuat kita dapat mengenali dan mendeteksi berbagai jenis suara serta berperan dalam keseimbangan dan posisi tubuh. Pada proses mendengar tentu tak lepas dari peran organ-organ yang terdapat pada telinga. Kali ini Gudang Biologi akan membahas tentang anatomi telinga, bagian-bagian yang ada di telinga serta peran dari masing-masing bagian tersebut.

Anatomi dan Fungsi Telinga pada Manusia

Anatomi dan Fungsi Telinga pada Manusia

Telinga terdiri dari 3 bagian yaitu Telinga Luar, Telinga Tengah, dan Telinga dalam :

Telinga Luar
Telinga bagian luar terdiri atas :
  1. Daun Telinga (Aurikula), terbentuk oleh susunan tulang rawan yang memiliki bentuk khas dan berfungsi untuk memusatkan gelombang suara yang masuk ke saluran telinga.
  2. Saluran Telinga Luar (Analis Auditoris Eksternal), dalam bagian ini terdapat kelenjar sudorifera yaitu kelenjar yang dapat menghasilkan serumen (bahan mirip lilin yang dapat mengeras). Serumen ini menjaga telinga agar tidak banyak kotoran dari luar yang masuk ke dalam, juga dapat menghindari masuknya serangga karena memiliki bau tidak sedap.
  3. Gendang Telinga (Membran Timpani), bagian yang berfungsi untuk menangkap gelombang suara.


Telinga Tengah
Telinga tengah merupakan rongga yang berisi udara dan menjaga tekanan udara tetap seimbang. Telinga bagian tengah terdiri atas 3 tulang pendengaran utama yaitu Martil (Maleus), Landasan (Incus),  dan Sanggurdi (Stapes). Tulang–tulang ini dihubungkan oleh sendi dan saling berhubungan satu sama lain sehingga memungkinkan tulang–tulang ini dapat bergerak. Rangkaian 3 Tulang yang sedemikian rupa ini berfungsi untuk mengirimkan getaran yang diterima dari Membran Timpani pada telinga luar menuju ke Jendela Oval Telinga Dalam. Pada telinga bagian tengah terdapat Tuba Eustachius, yaitu bagian yang menghubungkan telinga dengan rongga mulut (faring). Tuba Eustachius Ini berfungsi untuk menyeimbangkan tekanan udara antara telinga bagian luar dengan telinga bagian tengah.

Telinga Dalam
Telinga Dalam terdiri atas bagian tulang dan bagian membran. Telinga dalam disebut juga sebagai labirin karena bentuknya. Labirin Tulang Telinga Dalam terbagi menjadi 3 yaitu :
  1. Koklea (Rumah Siput), berbentuk seperti tabung bengkok ke belakang lalu berlilit mengelilingi tulang dan membentuk seperti kerucut di ujungnya. Koklea berfungsi sebagai reseptor karena memiliki sel–sel saraf di dalamnya.
  2. Vestibuli,  adalah bagian yang terdiri dari sakula dan utrikula.
  3. Kanalis Semisirkularis (Saluran Setengah Lingkaran), merupakan saluran setengah lingkaran yang terdiri dari 3 saluran semisirkularis yang tersusun menjadi satu kesatuan dengan posisi yang berbeda.
Sekarang kalian sudah mengetahui Anatomi dan Fungsi Telinga pada Manusia. Begitu pentingnya peran telinga dalam hidup kita. Oleh karena itu, kita harus menjaga dan merawatnya dengan rajin membersihkan telinga kita saat telinga kita sudah kotor. Semoga ulasan dari Gudang Biologi kali ini dapat menambah pengetahuan serta membuat kita lebih mengenal tubuh kita sendiri. Sekian dan smapai jumpa pada ulasan selanjutnya.
Anatomi dan Fungsi Telinga pada Manusia | Gilang Jaka Pramana | 5