Sistem Sirkulasi / Peredaran Darah Pada Manusia

Sistem Sirkulasi Pada Manusia – Pusat dari kegiatan manusia berada pada jantung, karena fungsi dari jantung yaitu memompa darah ke seluruh tubuh manusia. Apakah kalian tahu jantung tidak pernah istirahat ataupun berhenti walaupun saat kita sedang tidur? Hal ini disebabkan jantung bertugas memompa darah sehingga darah terus mengalir. Darah yang mengalir melalui pembuluh darah, membawa oksigen menuju jantung dan membawa karbondioksida menjauhi jantung. Proses ini dinamakan Sistem Sirkulasi. Kali ini Gudang Biologi akan membahas mengenai Sistem Sirkulasi  atau Peredara Darah Pada Manusia.

Sistem Sirkulasi / Peredaran Darah Pada Manusia

Sistem Sirkulasi (Peredaran Darah) Pada Manusia


Jantung bertugas memompa darah ke seluruh organ tubuh dengan melakukan kontraksi berirama secara repetitif (berulang). Untuk memompa darah, jantung biasanya berdetak 60 hingga 100 kali per menit, atau lebih cepat bila dibutuhkan.

Detakan itu ditentukan oleh pesan yang dikirimkan oleh tubuh ke jantung. Pesan itulah yang menentukan kapan jantung memompa lebih banyak atau lebih sedikit darah, tergantung kebutuhan individu. Ketika kita tidur, jantung akan memompa secukupnya karena organ-organ tubuh hanya membutuhkan sedikit oksigen saat beristirahat. Sebaliknya, saat tubuh kita merasa ketakutan atau berolahraga, organ tubuh membutuhkan lebih banyak oksigen sehingga jantung pun akan memompa lebih banyak darah.

Darah yang dipompa keluar jantung akan dialirkan melalui dua sirkulasi. Sirkulasi pertama, yakni Sirkulasi Pulmonal, merupakan sirkulasi yang menyuplai darah ke paru untuk mengadakan pertukaran gas oksigen dengan karbondioksida, bermula saat darah keluar dari rongga bilik kanan ke paru-paru lalu kembali ke rongga serambi kiri jantung. Setelah meninggalkan bilik kanan, darah mengalir melalui pembuluh kapiler yang mengelilingi kantong-kantong udara di paru-paru. Di sinilah darah menyerap oksigen yang kita hirup dan melepaskan karbondioksida yang kita keluarkan melalui hembusan napas. 

Selanjutnya, darah di serambi kiri akan dialirkan ke bilik kiri. Sirkulasi Sistemik pun dimulai saat darah yang kaya akan oksigen itu dialirkan ke luar dari bilik kiri melalui aorta ke seluruh tubuh, kecuali paru-paru. Darah kemudian kembali ke jantung melalui serambi kanan.

Sekarang kalian sudah mengetahui Sistem Sirkulasi Pada Manusia. Semoga kalian dapat menambah ilmu pengetahuan dan mengetahui bagaimana darah kita mengalir begitu teraturnya melalui dua proses yaitu Sirkulasi Pulmonal dan Sirkulasi Sistemik. Sekian ulasan dari Gudang Biologi kali ini, sampai jumpa pada ulasan selanjutnya.
Sistem Sirkulasi / Peredaran Darah Pada Manusia | Gilang Jaka Pramana | 5