Pengertian Teknologi Reproduksi dan Bioteknologi

Pengertian Teknologi Reproduksi dan Bioteknologi - Teknologi reproduksi merupakan usaha-usaha yang dilakukan oleh manusia dalam rangka mengatasi masalah-masalah yang terjadi di dalam proses perkembangbiakan hewan ataupun tumbuhan sehingga akan menghasilkan produk baru yang sesuai dengan apa yang diharapkan. Teknologi reproduksi telah dikembangkan terus-menerus baik pada hewan, tumbuhan, bahkan manusia. Usaha-usaha tersebut dilakukan guna menghasilkan bahan makanan yang lebih baik serta menciptakan keseimbangan populasi sehingga kepunahan dari suatu spesies bisa dihindari. Untuk materi kali ini Gudang Biologi akan mengajak kalian untuk mengenal contoh-contoh teknologi reproduksi yang ada pada masa sekarang ini, berikut penjelasannya:

Pengertian Teknologi Reproduksi dan Bioteknologi

Contoh-Contoh Teknologi Reproduksi


Hidroponik

Hidroponik merupakan suatu teknologi yang dikembangkan agar kita bisa menanam tumbuhan tidak hanya di tanah namun juga di media-media yang lain seperti Air, Kerikil, Pasir, atau arang. Tujuan dari hidroponik adalah guna mengatasi sempitnya ketersediaan laha.


Kultur Jaringan

Kultur jaringan adalah suatu usaha memperbanyak tumbuhan atau tanaman dengan cara menanam jaringan tertentu (meristem) keuntungan dari teknologi ini adalah dapat menghasilkan individu baru dengan jumlah yang banyak dalam waktu yang relative cepat dan memiliki kualitas yang sama dengan induknya.

Inseminasi Buatan

Inseminasi Buatan merupakan suatu usaha yang dilakukan untuk memasukkan sperma hewan jantan ke dalam organ reproduksi berina dengan bantuan alat-alat tertentu. Proses ini biasa disebut juga sebagai Kawin Suntuik. Tujuan dari usaha ini adalah untuk:

  • Meningkatkah kualitas keturunan yang dihasilkan
  • Mempermudah proses perkawinan bibit unggul
  • Mencegah kepunahan hewan tertentu
  • Meningkatkan reproduksi hewan

Kloning

Kloning adalah kegiatan mengganti sel telur dengan inti sel tubuh (sel somatic). Sel tersebut akan diberi kejutan listrik sehingga sel telur tersebut dapat berkembang menjadi embrio. Kemudian embrio tersebut ditanam ke dalam Rahim hewan betina. Proses ini akan menghasilkan individu baru yang sifanya sama persis dengan induk yang diambil sel somatisnya.

Bayi Tabung

Proses mempertemukan sel telur dengan sperma tetapi di luar tubuh induknya. Setelah dipertemukan dan terjadi pembuahan, maka embrio akan ditanamkan kembali ke dalam Rahim induknya.  Tujuannya adalah untuk mengatasi tidak bertemunya sel sperma dan ovum dikarenakan adanya  kelainan yang terjadi pada organ reproduksi.

Hibridasi

Merupakan usaha mengawinkan dua jenis indifidu dengan sifat-sifat yang berbeda. Tujuannya adalah untuk memperoleh individu baru yang memiliki sifat berbeda(gabungan) dari sifat-sifat yang dimiliki induknya.

Itulah penjelsan tentang Pengertian Teknologi Reproduksi dan Bioteknologi serta beberapa contoh teknologi yang telah dikembangkan oleh manusia sekarang ini. Semua usaha tersebut dilakukan guna menyeimbangkan populasi dan mencegah kepunahan spesies-spesies tertentu.
Pengertian Teknologi Reproduksi dan Bioteknologi | Gilang Jaka Pramana | 5