Pengertian dan Definisi Biosfer Beserta Contohnya

Pengertian dan Definisi Biosfer Beserta ContohnyaKalian semua pasti pernah mendengar kata–kata seperti atmosfer, litosfer atau hidrosfer. Namun, pernahkah kalian mendengar tentang biosfer? Biosfer terdiri dari kata “bio” yang artinya hidup dan “sphere” yang artinya lapisan. Apakah definisi sesungguhnya dari biosfer itu dan apa contoh dari biosfer? Untuk mengetahuinya, simak pembahasan dari Gudang Biologi berikut ini.

Pengertian dan Definisi Biosfer Beserta Contohnya
Source: Google Images


Pengertian dan Definisi Biosfer Beserta Contohnya

Biosfer merupakan lapisan bumi yang dapat dihuni atau ditinggali oleh makhluk hidup. Untuk kelangsungan hidupnya setiap makhluk hidup yang ada di bumi membutuhkan tempat untuk ditinggali dan tempat untuk hidup inilah yang dinamakan dengan Biosfer. Definisi lain biosfer yaitu bagian luar bumi yang mencangkup daratan, air dan udara yang dapat ditinggali oleh makhluk hidup dan proses biotik berlangsung. Biosfer merupakan suatu sistem ekologis global yang menyatukan semua makhluk hidup termasuk hubungan antara mereka seperti interaksi dengan unsur litosfer, hidosfer maupun atmosfer bumi.

Sampai saat ini bumi merupakan satu-satunya tempat yang diketahui dapat mendukung unsur kehidupan atau dapat ditinggali oleh makhluk hidup. Setiap makhluk hidup mempunyai tempat masing-masing pada biosfer untuk kelangsungan hidupnya dengan caranya masing-masing. Contoh dari biosfer sendiri yaitu Planet Bumi, karena sampai saat ini bumi merupakan satu-satunya tempat yang mendukung unsur kehidupan atau tempat yang dapat ditinggali oleh makhluk hidup.

Biosfer sering dikaitkan dengan bioma, pada kenyataannya terdapat perbedaan antara biosfer dan bioma. Biosfer merupakan kumpulan dari semua makhluk hidup yang ada di bumi. Dengan kata lain, semua ekosistem di bumi disebut sebagai biosfer. Biosfer terdiri dari bioma. Bioma merupakan ekosistem besar yang meliputi suatu daerah yang luas dan memiliki flora dan fauna yang khas. Bioma sendiri terdiri dari ekosistem-ekosistem yang terbentuk karena perbedaan letak geografis dan astronomis. Sebuah bioma pada dasarnya terdiri atas produsen, konsumen, dan pengurai (dekomposer) yang di dalamnya terjadi aliran materi dan energi yang selalu dimulai dari tumbuhan.


Sekarang kalian sudah mengetahui Pengertian dan Definisi Biosfer Beserta Contohnya. Perlu kalian ketahui bahwa biosfer berbeda dari bioma. Bioma sendiri merupakan bagian dari biosfer dan merupakan kumpulan dari ekosistem-ekosistem, sedangkan Biosfer merupakan kumpulan dari semua makhluk hidup yang ada di bumi. Semoga ulasan dari Gudang Biologi kali ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian semua. Sampai jumpa pada materi biologi selanjutnya.
Pengertian dan Definisi Biosfer Beserta Contohnya | Gilang Jaka Pramana | 5