Ciri–Ciri Dan Spesifikasi Plasmodiophoromycetes Dan Contohnya

Ciri–Ciri dan Spesifikasi Plasmodiophoromycetes dan ContohnyaPlasmodiophoromycetes disebut juga jamur lendir endoparasit karena hidup sebagai parasit pada kebanyakan tanaman hijau dan jamur lainnya. Bagaimanakah ciri–ciri dan spesifikasi dari jamur Plasmodiophoromycetes? Untuk mengetahuinya, simak ulasan lengkap dari Gudang Biologi berikut ini.

Ciri–Ciri Dan Spesifikasi Plasmodiophoromycetes Dan Contohnya

Ciri–Ciri Dan Spesifikasi Plasmodiophoromycetes Dan Contohnya


Mikroorganisme ini menyerupai Myxomycetes, namun plasmodium multinukleatnya berkembang di dalam jaringan tumbuhan inang. Plasmodium menghasilkan zoosporangium yang menghasilkan spora.

Infeksi terjadi saat zoospora menembus akar tanaman inang dan tumbuh menjadi myxoamoeba (spora berbentuk seperti kecambah yang menghasilkan bentuk serupa amoeba) yang kemudian tumbuh menjadi plasmodium. Ketika ukuran plasmodium bertambah, mengakibatkan akar-akar tanaman inang membengkak sehingga  menyebabkan penyakit yang disebut bengkak akar. Pada tahap ini spora terbentuk dan tetap tinggal di dalam sel-sel tanaman inang, sampai sel–sel tersebut mati dan menjadi busuk. Spora Plasmodiophoromycetes tidak dihasilkan di dalam tubuh buah tidak seperti jamur lendir yang lain. 

Apabila tanaman inang mati dan membusuk, spora-spora Plasmodiophoromycetes dibebaskan dan siap untuk menginfeksi bibit-bibit tanaman yang baru. Tanaman yang sering digunakan sebagai inang adalah tanaman kentang dan kubis, yang menyebabkan tanaman menjadi kerdil dan diakhiri dengan kematian sebelum waktunya. Kelompok Plasmodiophoromycetes yang lain merupakan parasit pada ganggang air tawar. Contoh anggota dari Plasmodiophoromycetes yaitu Plasmodiophora brassicae yang menyebabkan bengkak akar pada tanaman kubis,  Spongospora subterranean yang merupakan parasit pada tanaman kentang, serta Sorodiscus, Tetramyxa, Octomyxa, dan Polymyxa.

Sekarang kalian sudah mengetahui mengenai Ciri-Ciri dan Spesifikasi Plasmodiophoromycetes dan Contohnya. Semoga ulasan dari Gudang Biologi kali ini dapat menambah pengetahuan kalian mengenai jenis-jenis jamur (fungi) yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari. Plasmodiophoromycetes masih termasuk jenis jamur lendir, namun sangat merugikan  bagi tanaman karena bersifat parasit dengan menyerang akar-akar tanaman sehingga tanaman mati dan membusuk. Sekian ulasan dari Gudang Biologi, sampai jumpa pada ulasan selanjutnya.
Ciri–Ciri Dan Spesifikasi Plasmodiophoromycetes Dan Contohnya | Gilang Jaka Pramana | 5