Ciri – Ciri Dan Spesifikasi Oomycetes dan Contohnya

Ciri– Ciri dan Spesifikasi Oomycetes dan Contohnya Oomycota atau jamur air merupakan organisme heterotrof yang habitatnya di tempat lembab atau di perairan. Hidup menempel pada sisik ikan sebagai parasit. Oomycota memiliki bentuk berupa hifa berwarna putih yang halus dan bercabang. Selain itu, apakah kalian tahu bagaimana ciri-ciri dan spesifikasi dari oomycetes? Lalu apa saja contoh organisme yang termasuk oomycetes? Untuk mengetahui lebih jauh, simak lah baik-baik rangkuman materi dari Gudang Biologi berikut ini.


Ciri – Ciri Dan Spesifikasi Oomycetes

Oomycetes meliputi jenis-jenis jamur lendir uniseluler/multiseluler yang membentuk benang-benang miselium yang bercabang-cabang. Beberapa oomycetes bersifat saprofit sebagai dekomposer dan ada yang bersifat parasit pada tanaman dan hewan air. Reproduksi aseksual pada Oomycetes yang hidup di air dengan zoospora berflagel dua, sedangkan yang hidup di darat dengan sporangium dan konidium. Reproduksi seksual dengan oogami. Selnya membentuk struktur yang mengandung sel telur dan struktur yang membentuk sel sperma.  Kedua struktur ini kemudian bersatu sehingga terjadi pembuahan yang menghasilkan zigot diploid yang kemudian tumbuh membentuk spora berdinding tebal, yang disebut zoospora dengan dua flagela, satu flagela tidak berbulu menjurus ke belakang dan satu flagela berbulu menjurus ke depan. Zoospora bila berkecambah akan membentuk individu baru.

Contoh Oomycetes

Berikut merupakan contoh dari oomycetes :

  1. Lagenidium rabenhorstii, mempunyai hifa bercabang yang hidup parasit dalam sel-sel ganggang.
  2. Saprolegnia parasitica parasit pada ikan dan telur-telur ikan.
  3. Phytium debaryanum menyebabkan busuk pada kecambah.
  4. Phytophthora infestans, menyerang tanaman budidaya misalnya tanaman tomat dan kentang.
  5. Phytophthora faberi, menimbulkan penyakit pada tanaman karet pada luka bekas sadapan.
  6. Phytophthora sojae, parasit pada tanaman kedelai.
  7. Phytophthora palmivora, parasit pada kelapa.
  8. Plasmopara viticola, merupakan parasit pada tanaman anggur.
  9. Pseudoperonospora cubensis, parasit pada tanaman mentimun.
  10.  Albugo candida, parasit pada tanaman kol, kubis, dan kelompok Cruciferae yang lain.

Sekarang kalian sudah mengetahui Ciri-Ciri dan Spesifikasi Oomycetes dan Contohnya. Oomycetes dapat hidup sebagai parasit pada tanaman. Oleh karena itu, jika kalian memiliki tanaman dirumah, harus rajin dirawat dan dipelihara agar terhindar dari berbagai penyakit. Jika sudah terkena penyakit, maka tanaman akan terlihat tidak segar dan layu. Semoga penjelasan singkat dari Gudang Biologi di atas dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian mengenai Fungi. Sampai jumpa lagi pada ulasan-ulasan materi biologi lainnya.
Ciri – Ciri Dan Spesifikasi Oomycetes dan Contohnya | Gilang Jaka Pramana | 5