Ciri – Ciri dan Spesifikasi Dinoflagellata

Ciri – Ciri dan Spesifikasi Dinoflagellata - Di dalam laut seringkali terdapat sinar-sinar menyala berwarna biru terutama pada malam hari. Tahukah kalian berasal darimana sinar tersebut? Sinar tersebut dihasilkan oleh organisme yang disebut Dinoflagellata. Organisme ini juga yang menyebabkan pasang merah (Red Tide) saat populasinya bertambah. Bagaimanakah ciri-ciri sebenarnya dari Dinoflagellata? Berikut penjelasan singkat dari Gudang Biologi mengenai organisme unik yang satu ini.

Ciri – Ciri dan Spesifikasi Dinoflagellata

Dinoflagellata disebut juga Pyrrophyta merupakan organisme uniseluler dengan ukuran selnya yakni antara 25µm - 1000µm, terdapat juga spesies yang tumbuh dengan rantai yang panjang atau pseudocoloni. Habitat Dinoflagellata berada di dalam air laut, meskipun beberapa jenis hidup di air tawar. Dinoflagellata merupakan ganggang uniseluler yang motil, dengan ciri utama terdapat celah dan alur di sebelah luar pembungkus yang melingkupi dinding sel. Masing-masing alur pada Dinoflagellata mengandung satu bulu cambuk. Beberapa jenis Dinoflagellata tidak mempunyai dinding sel, namun kebanyakan mempunyai dinding sel yang terbagi-bagi menjadi lempeng-lempeng selulosa poligonal yang saling bersambungan sangat rapat. Contoh Dinoflagellata adalah Noctiluca miliaris yang dapat menghasilkan cahaya berpendaran di laut pada malam hari (bioluminesen).

Ciri – Ciri dan Spesifikasi Dinoflagellata


Karakteristik lainnya dari Dinoflagellata yaitu hanya sekitar setengah dari spesies Dinofllagelata yang memiliki pigmen yang dapat berfotosintesis, sementara yang lain merupakan organisme heterotrof. Kebanyakan Dinoflagellata memiliki pigmen klorofil a, klorofil c, karoten, xantofil, peridinin, neoperidinin, dinoxanthin, neodinoxanthin, dan diatoxanthin. Cadangan makanan Dinoflagellata berupa tepung dan minyak.

Pada beberapa jenis cangkangnya mengandung fosfor sehingga memendarkan cahaya di malam hari. Di dalam sitoplasma, terdapat plastida yang berisi pigmen klorofil dan pigmen cokelat kekuning-kuningan. Organisme ini berkembang biak secara seksual dengan membentuk 4 isogamet yang masing-masing dapat mengadakan perkawinan dengan isogamet dari individu lain dan aseksual dengan pembelahan sel. 

Sekarang kalian sudah mengetahui Ciri-Ciri dan Spesifikasi Dinoflagellata sekaligus kalian sudah mengetahui asal sinar yang berpendaran dari dalam laut pada malam hari. Semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan kalian. Sekian ulasan dari Gudang Biologi kali ini, sampai jumpa pada ulasan selanjutnya.
Ciri – Ciri dan Spesifikasi Dinoflagellata | Gilang Jaka Pramana | 5