Proses dan Cara Perkembangbiakan Virus

Proses dan Cara Perkembangbiakan VirusSalah satu ciri dari virus adalah virus hanya dapat berkembang biak dalam sel hidup. Perkembangbiakan virus memiliki dua tahap dan setiap tahapan terdapat proses didalamnya. Bagaimanakah virus yang sudah menyerang ke dalam tubuh kita berkembang biak dan bagaimanakah prosesnya? Simak ulasan dari Gudang Biologi berikut ini.

Proses dan Cara Perkembangbiakan Virus

Penjelasan Proses dan Cara Perkembangbiakan Virus Lengkap


Perkembangbiakan virus terdiri dari dua siklus  yaitu daur litik dan daur lisogenik.

SIKLUS LITIK
Siklus ini disebut litik karena pada siklus inilah terjadi penghancuran sel bakteri oleh bakteriofag. Berikut tahapan dalam siklus litik :

Adsorpsi
Melekatnya ekor virus pada sel bakteri.

Penetrasi
Setelah menempel, virus mencoba untuk membentuk lubang pada dinding sel bakteri menggunakan enzim. Enzim tersebut melarutkan dinding sel bakteri sehingga terbentuk lubang. Melalui lubang itulah virus memasukkan DNA-nya ke dalam bakteri.

Eklifase
Virus mengambil alih perlengkapan metabolik sel bakteri.

Perakitan
DNA yang masuk ke dalam bakteri mengambil alih tugas DNA bakteri dan menggunakan metabolik bakteri untuk menghasilkan komponen-komponen virus, seperti kapsid, ekor, serabut ekor, dan kepala.

Lisis
Virus yang baru terbentuk kemudian mengeluarkan enzim lisozimnya untuk menghancurkan dinding sel bakteri. Setelah dinding bakteri hancur, virus-virus baru dapat keluar dan menyerang sel-sel bakteri lainnya sehingga bakteri mengalami kematian. Virus yang telah menginfeksi sel lain pun mengulangi siklus litiknya kembali.


SIKLUS LISOGENIK
Pada siklus ini, virus hanya menempelkan DNA-nya pada DNA bakteri dan tidak langsung mengambil alih metabolisme sel inang. DNA yang menempel disebut profage. Berikut tahapan siklus lisogenik :

Adsorpsi
Melekatnya ekor virus pada sel bakteri.

Penetrasi
Ujung serabut ekor virus masuk ke dalam sel bakteri.

Pembentukan Profage
DNA yang berhasil masuk ke dalam tubuh bakteri kemudian menempel pada DNA bakteri dan membentuk profage yang merupakan cikal bakal terbentuknya virus baru.

Pembelahan Profage
Ketika bakteri membelah diri, profage ikut membelah sehingga anakan sel bakteri pun mengandung profage. Hal ini berlangsung terus-menerus sehingga jumlah bakteri yang mengandung profage menjadi sangat banyak.

Sintesis
Asam nukleat virus membentuk partikel-partikel virus baru.

Perakitan
Penyusunan partikel-partikel virus menjadi virus-virus baru.

Lisis
Pecahnya sel bakteri mengeluarkan virus-virus baru.

Sekarang kalian telah mengetahui bagaimana Proses dan Cara Perkembangbiakan Virus. Virus tidak dapat memperbanyak dirinya apabila dia tidak menempel pada sel yang hidup sehingga virus disebut sebagai parasit obligatif (parasit sejati). Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Sampai jumpa pada ulasan dari Gudang Biologi berikutnya. 
Proses dan Cara Perkembangbiakan Virus | Gilang Jaka Pramana | 5