Peranan Biologi dalam Kehidupan Manusia Sehari-hari

Peranan Biologi dalam Kehidupan Manusia Sehari-hari - Tidak perlu dipertanyakan lagi bahwa ilmu biologi memiliki banyak sekali manfaat di dalam kehidupan kita sehari-hari. Ada beragam penelitian serta penemuan yang telah diciptakan berdasarkan ilmu biologi. Semuanya itu telah meningkatkan kualitas hidup kita sebagai manusia. Pada artikel sebelumnya Gudang Biologi telah memberikan penjelasan mengenai macam-macam objek kajian biologi. Dari situ kita dapat mengetahui bahwasannya ada begitu banyak cabang dari ilmu biologi yang mengkaji suatu hal dengan lebih spesifik. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai beragam manfaat dan peranan ilmu biologi di dalam menunjang kehidupan kita sehari-hari, mari kita simak bersama uraian di bawah ini:

Peranan biologi dalam kehidupan sehari-hari beserta contoh-contohnya

  1. Bidang kedokteran, contohnya teknik bayi tabung, metode keluarga berencana (KB), pencangkokan organ tubuh, bedah plastik, dan terapi gen.
  2. Bidang farmasi, contohnya pembuatan vitamin sintetik, vaksin, antibodi monoklonal, hormon insulin buatan, enzim-enzim buatan, antibiotik untuk bakteri dan jamur, serta obat-obatan tradisional dan modern.
  3. Bidang teknologi pangan, contohnya pembuatan keju, sosis, kecap, tapai, tempe, oncom, tauco, sarden, nata de coco, yoghurt, makanan suplemen, PST (Protein Sel Tunggal), dan teknologi pengawetan makanan.
  4. Bidang pertanian, contohnya penemuan bibit unggul, tanaman transgenic (tanaman hasil rekayasa genetika), teknologi hidroponik, kultur jaringan, dan pemandulan hama.
  5. Bidang peternakan, contohnya inseminasi buatan (kawin suntik), kloning untuk hewan, ayam petelur tanpa dibuahi pejantan, dan hewan ternak yang bermutu unggul lainnya (memproduksi susu, daging, dan telur berkualitas tinggi).
  6. Bidang perikanan, contohnya budidaya kerang penghasil mutiara, budidaya udang windu, dan budidaya ikan hias.
  7. Bidang industri, contohnya teknik pemisahan logam dari bijihnya dengan menggunakan bakteri.
  8. Bidang pengelolaan lingkungan hidup, contohnya pengolahan limbah dengan menggunakan mikroorganisme, menguraikan tumpahan minyak di laut dan plastik dengan bakteri, dll.
  9. Bidang pengembangan energi, contohnya hadirnya biogas dengan memanfaatkan kotoran sapi dan hewan lainnya merupakan contoh nyata limbah hewan yang dapat dijadikan alternatif untuk pengganti energi. Biogas bisa dipakai untuk memasak di pedesaan dan penerangan. Penemuan bio-diesel dan minyak jarak sebagai alternatif bahan bakar fosil untuk otomotif.
  10. Bidang kehidupan sosial, contohnya semakin maraknya pembuktian DNA pada beberapa kasus kriminal, dan kecelakaan membuktikan bahwa bidang biologi berperan penting. Molekul DNA dapat diambil dari sel tubuh yang bersangkutan yang akan memberikan identifikasi enzim retriksi yang khas pada setiap individu.



Sekarang kalian sudah mengetahui berbagai Peranan Biologi dalam Kehidupan Manusia Sehari-Hari. Sebenarnya masih banyak lagi peranan biologi yang memberikan banyak manfaat diberbagai bidang kehidupan kita jika kita dapat memanfaatkannya sebaik mungkin, agar kualitas kesejahteraan hidup kita dapat meningkat. Semoga ulasan dari Gudang Biologi kali ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Sekian ulasan kali ini, sampai jumpa pada ulasan selanjutnya.
Peranan Biologi dalam Kehidupan Manusia Sehari-hari | Gilang Jaka Pramana | 5