Ciri – Ciri Ganggang Biru (Cyanobacteria)

Ciri – Ciri Ganggang Biru (Cyanobacteria) – Pada waktu yang lalu kita sudah membahas mengenai protista yang mirip tumbuhan yaitu ganggang/alga. Cyanobacteria atau biasa disebut ganggang biru dikarenakan warnanya hijau kebiruan merupakan anggota dari Eubacteria dan tidak termasuk ke dalam anggota protista. Hal ini disebabkan ganggang biru merupakan organisme prokariotik. Bagaimanakah cara kita mengenal ganggang biru? Tentu kita harus tahu ciri-ciri apa saja yang ada padanya. Untuk mengetahuinya simak ulasan dari Gudang Biologi berikut ini.

Ciri – Ciri Ganggang Biru (Cyanobacteria)


CIRI – CIRI GANGGANG BIRU (CYANOBACTERIA)

Ciri-ciri Ganggang Biru (Cyanobacteria) antara lain :
  1. Ada yang bersimbiosis dengan jamur membentuk lichen (disebut cyanolichen). Contohnya adalah Cyanobacteria dan Anabaena sp. yang dapat mengikat nitrogen bebas di udara.
  2. Berdinding sel tebal dan mengandung gelatin, serta memiliki sel-sel khusus (misalnya heterokista, akinet, dan baeosit).
  3. Hidup secara soliter contohnya Chroococcus dan Anacysti, serta hidup secara berkoloni contohnya Merismopedia, Nostoc, Gloeocapsa, dan Mycrocystis.
  4. Memiliki kiorofil a seperti pada tumbuhan.
  5. Memiliki pigmen fotosintetik sehingga bersifat fotoautotrof.
  6. Merupakan organisme uniseluler/ multiseluler prokariotik. Tubuh Cyanobacteria yang multiseluler berbentuk filamen (benang), contohnya Oscillatoria, Microcoleus, Rivularia, Plectonema boryanum, dan Anabaena.
  7. Reproduksi dengan cara pembelahan biner, fragmentasi dan pembentukan endospora.
  8. Sebagian besar Cyanobacteria tidak berflagel, namun mereka bersifat motil, dengan pergerakan dengan cara meluncur.
  9. Sebagian besar Cyanobacteria hidup bebas di air tawar, dan beberapa jenis hidup di air laut.
  10. Struktur sel Cyanobacteria berupa lapisan lendir, dinding sel, membran plasma, membran fotosintetik, mesosom, sitoplasma (isi sel), ribosom, granula penyimpanan, vakuola gas, protein padat, dan nukleoid (DNA).
  11. Ukuran tubuh Cyanobacteria berkisar antara 1 mm – 60 mm.



Sekarang kalian sudah mengetahui Ciri - Ciri Ganggang Biru (Cyanobacteria). Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian dan semoga kalian tidak menjadi keliru bahwa ganggan biru (Cyanobacteria) termasuk dari kingdom Monera dan bukan Protista karena tidak memiliki membran inti. Sekian ulasan dari Gudang Biologi kali ini, sampai jumpa pada ulasan selanjutnya.
Ciri – Ciri Ganggang Biru (Cyanobacteria) | Gilang Jaka Pramana | 5