Ciri – Ciri dan Contoh Protista Mirip Hewan (Protozoa)

Ciri – Ciri dan Contoh Protista Mirip Hewan (Protozoa) - Protozoa berasal dari bahasa Yunani (proto = pertama, zoa = hewan). Protozoa merupakan organisme uniseluler, eukariotik, tidak memiliki dinding sel, heterotrof, dan pada umumnya dapat bergerak. Bagaimana ciri – ciri dari protozoa dan apa saja contoh hewan yang termasuk protozoa? Simak ulasan dari Gudang Biologi berikut ini.

Ciri – Ciri dan Contoh Protista Mirip Hewan (Protozoa)


CIRI – CIRI PROTOZOA

  1. Merupakan organisme bersel tunggal yang sudah memiliki membran inti (eukariota).
  2. Berukuran mikroskopis, yaitu sekitar 100 sampai 300 mikron.
  3. Memiliki bentuk bervariasi, ada yang tetap dan ada yang berubah-ubah.
  4. Umumnya dapat bergerak aktif karena memiliki alat gerak berupa kaki semu (pseudopodia), bulu cambuk (flagellum), bulu getar (cilia), namun ada juga yang tidak memiliki alat gerak.
  5. Hidup bebas di air tawar dan air laut sebagai komponen biotik. Beberapa jenis Protozoa hidup sebagai parasit pada hewan dan manusia. Protozoa hidup secara heterotrof dengan memangsa bakteri, protista lain, dan sampah organisme.
  6. Reproduksi secara aseksual dengan pembelahan biner, sedangkan reproduksi seksual dengan penyatuan sel generatif (sel gamet) atau dengan penyatuan inti sel vegetatif  (konjugasi).


KLASIFIKASI PROTOZOA

Protozoa diklasifikasikan berdasarkan alat geraknya. Terdapat empat filum Protozoa, yaitu sebagai berikut.
  1. Ciliata (Ciliophora), bergerak dengan menggunakan silia (rarnbut getar). Contohnya, Paramaecium caudatum, Stentor, Didinium, Vorticella, Balantidium coli.
  2. Rhizopoda (Sarcodina), bergerak dengan menggunakan pseudopodia (kaki semu). Bergerak dengan kaki semu (pseudopodia) yang merupakan penjuluran protoplasma sel. Hidup di air tawar, air laut, tempat-tempat basah, dan sebagian ada yang hidup dalam tubuh hewan atau manusia. Contohnya Amoeba sp, Foraminifera, Arcella, Radiolaria.
  3. Flagellata (Mastigophora), bergerak dengan flagela (bulu cambuk). Contohnya Trypanosoma sp., Euglena viridis, Noctiluca milliaris, Volvox globator.
  4. Sporozoa (Apicomplexa), tidak memiliki alat gerak. Contohnya Plasmodium sp. Plasmodium falciparum, Plasmodium malariae, Plasmodium vivax,  Gregarina.


Sekarang kalian sudah mengetahui tentang Ciri – Ciri dan Contoh Protista Mirip Hewan (Protozoa). Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian. Sekian ulasan dari Gudang Biologi kali ini, simak juga ulasan  ulasan selanjutnya mengenai Ciri – Ciri dan Contoh Protista Mirip Tumbuhan .
Ciri – Ciri dan Contoh Protista Mirip Hewan (Protozoa) | Gilang Jaka Pramana | 5