Struktur Protein dan Fungsi Protein Bagi Tubuh Manusia

Struktur Protein dan Fungsi Protein Bagi TubuhTubuh kita memerlukan berbagai macam zat yang dibutuhkan oleh tubuh salah satunya yaitu protein. Namun, tahukah kalian bagaimana struktur protein itu? Apa saja manfaatnya bagi tubuh kita? Untuk mengetahuinya simak ulasan dari Gudang Biologi berikut ini.

Struktur Protein

Struktur protein dapat dikelompokkan menjadi empat golongan yaitu :

STRUKTUR PROTEIN DAN FUNGSI PROTEIN BAGI TUBUH

Struktur Primer

Merupakan struktur linear dari rantai protein. Dalam struktur ini tidak terjadi antaraksi, baik dengan rantai protein yang lain maupun di antara asam amino dalam rantai protein itu sendiri.

Struktur Sekunder

Merupakan struktur dua dimensi dari protein. Pada struktur ini terjadi lipatan (folding) beraturan, seperti α–heliks dan β–sheet, akibat adanya ikatan hidrogen di antara gugus-gugus polar dari asam amino dalam rantai protein.

Struktur Tersier

Merupakan struktur tiga dimensi sederhana dari rantai protein. Dalam struktur ini, selain terjadi folding membentuk struktur α–heliks dan β–sheet, juga terjadi antaraksi van der Waals dan antaraksi gugus nonpolar yang mendorong terjadi lipatan.

Struktur Kuarterner

Dalam struktur ini, protein membentuk molekul kompleks, tidak terbatas hanya pada satu rantai protein, tetapi beberapa rantai protein bergabung membentuk seperti bola. Contoh dari struktur ini adalah molekul Hemoglobin


Fungsi Protein

Protein memiliki fungsi bagi tubuh diantaranya :
  1. Berfungsi untuk perbaikan, pertumbuhan dan pemeliharaan struktur sel, jaringan dan organ tubuh.
  2. Membantu tubuh dalam menghancurkan atau menetralkan zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh.
  3. Mengatur dan melaksanakan metabolisme tubuh.
  4. Menjaga keseimbangan asam basa dan keseimbangan cairan tubuh.
  5. Sebagai sumber energi.

Sekarang kalian sudah mengetahui bagaimana Struktur Protein dan Fungsi Protein Bagi Tubuh. Protein ada dalam menu 4 sehat 5 sempurna yang terdiri dari telur, ikan dan lauk pauk. Protein memiliki banyak manfaat bagi tubuh, oleh karena itu kalian harus rajin mengkonsumsi protein. Sekian ulasan dari Gudang Biologi kali ini, sampai jumpa pada ulasan berikutnya.
Struktur Protein dan Fungsi Protein Bagi Tubuh Manusia | Gilang Jaka Pramana | 5