Struktur Organ, Cara Kerja, dan Fungsi Paru - Paru Manusia

Struktur Organ, Cara Kerja, dan Fungsi Paru -Paru Manusia - Manusia bernapas dengan menghirup oksigen (O2) dan menghembuskan karbondioksida (CO2) melalui paru-paru. Pertukaran antara kedua gas tersebut terjadi disalah satu bagian paru-paru kita yaitu alveolus. Tidak semua udara yang kita hirup dapat digunakan oleh tubuh, karena udara tersebut tercampur dengan berbagai macam gas. Tentu saja terdapat proses yang memisahkan gas yang dibutuhkan oleh tubuh dengan yang tidak, hal ini berkaitan dengan struktur dan fungsi dari paru-paru kita. Agar lebih dapat memahami struktur, cara kerja dan fungsi paru-paru, simak ulasan dari Gudang Biologi berikut ini.

Struktur Organ, Cara Kerja, dan Fungsi Paru - Paru Manusia

Struktur Organ, Cara Kerja, dan Fungsi Paru - Paru Manusia


Struktur Paru-Paru

Paru-paru berstruktur seperti spons yang elastis dengan daerah permukaan dalam yang sangat lebar untuk pertukaran gas. Paru-paru tersusun dari bronkiolus, alveolus, jaringan elastik, dan pembuluh darah.

Di dalam paru-paru, terdapat bronkiolus yang merupakan cabang dari bronkus, dengan cabang-cabang yang halus dan berdiameter kurang lebih 1 mm. Bronkiolus memiliki dinding yang lebih tipis dibandingkan bronkus.

Alveolus terdapat pada ujung akhir bronkiolus yang berupa kantong kecil yang salah satu sisinya terbuka sehingga menyerupai busa atau mirip sarang tawon. Pertukaran gas terjadi di dalam alveolus karena alveolus miliki selaput tipis dan memiliki banyak kapiler darah sehingga memungkinkan terjadinya difusi gas pernapasan.

Cara Kerja Paru-Paru

Ketika manusia menghirup udara, maka secara perlahan udara akan masuk ke dalam paru-paru. Saat udara tersebut sampai di bronkus, maka oksigen telah siap untuk masuk menuju saluran paru-paru, oksigen itu akan mengalami proses difusi di dalam pembuluh darah yang berbentuk kapiler-kapiler arteri yang terdapat di dalam alveolus. Di dalam alveolus inilah akan terjadi proses pertukaran oksigen dengan karbondioksida, oksigen akan diikat oleh hemoglobin yang ada di dalam sel darah merah untuk kemudian di salurkan ke seluruh sel yang ada di dalam tubuh, sementara karbondioksida akan dibawa oleh kapiler vena menuju alveolus untuk kemudian diteruskan dan dikeluarkan ketika kita menghembuskan nafas.

Fungsi Paru-Paru

Setelah mengetahui struktur dan cara kerja paru-paru tentu hal tersebut tidak lepas dari fungsinya. Berikut ini fungsi dari paru-paru : 
  • Merupakan bagian utama dari sistem pernapasan manusia dimana proses pertukaran oksigen dan karbondioksida terjadi di dalamnya
  • Merupakan organ pada sistem ekskresi manusia karena membantu mengeluarkan karbon dioksida dan uap air bersamaan dengan hembusan nafas.
  • Dapat mengendalikan ph darah dengan mengatur tekanan karbondioksida
  • Melakukan penyaringan apabila terjadi penggumpalan darah di dalam vena.

Setelah mengetahui Struktur Organ, Cara Kerja dan Fungsi Paru-Paru Manusia diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita bahwa paru-paru memiliki peran yang sangat penting di dalam tubuh. Untuk itu kita harus menjaga agar paru-paru kita tetap sehat dengan rajin berolahraga dan tidak merokok. Jika paru-paru kita sehat maka kita dapat menghirup udara dengan nyaman. Sekian ulasan dari Gudang Biologi, sampai jumpa di ulasan berikutnya.
Struktur Organ, Cara Kerja, dan Fungsi Paru - Paru Manusia | Gilang Jaka Pramana | 5