Struktur Anatomi, Bagian, Letak, dan Fungsi Ginjal

Struktur Anatomi, Bagian, Letak, dan Fungsi Ginjal Pernahkah kalian mendengar kata ginjal? Apa yang kalian ketahui tentang ginjal? Ginjal merupakan alat penyaring darah yang bentuknya seperti kacang dan merupakan salah satu alat ekskresi pada manusia. Bagaimana anatomi dan struktur ginjal? serta dimanakah letak ginjal? Simak ulasan dari Gudang Biologi berikut ini.
Struktur Anatomi, Bagian, Letak, dan Fungsi Ginjal

Struktur Anatomi, Bagian, Letak, dan Fungsi Ginjal


Anatomi dan Struktur Ginjal

Ginjal tersusun atas tiga bagian, yaitu korteks, medula, dan pelvis. Korteks merupakan bagian luar ginjal. Sementara itu, bagian sebelah dalamnya disebut medula. Pelvis merupakan bagian dalam dengan ruang kosong. Pada bagian korteks terdapat nefron. Nefron merupakan unit fungsional dan struktural terkecil pada ginjal. Pada manusia terdapat sekitar satu juta nefron.

Setiap nefron terdiri dari badan Malpighi dan saluran nefron. Badan Malpighi mengandung glomerulus yang diselubungi oleh kapsula Bowman. Glomerulus berupa anyaman pembuluh kapiler darah, sedangkan kapsula Bowman berbentuk cawan berdinding tebal yang mengelilingi glomerulus. Glomerulus berhubungan dengan arteriola aferen (lebar) dan arteriola eferen (sempit). Oleh karena itu, glomerulus turut berperan mengatur tekanan darah. Saluran ginjal terdiri dari kapsula Bowman, tubulus proksimal, lengkung Henle dan tubulus distal.

Pada medula terdapat piramida ginjal dan piala ginjal yang mengandung pembuluh-pembuluh yang berfungsi untuk mengumpulkan hasil ekskresi. Pembuluh-pembuluh tersebut berhubungan dengan ureter yang bermuara pada kantong kemih. Kantong kemih berfungsi sebagai tempat penampungan urine sementara. Jika kantong kemih telah mengandung banyak urine, maka dinding kantong akan tertekan sehingga otot melingkar pada pangkal kantong meregang. Akibatnya akan timbul rasa buang air kecil. Selanjutnya urine tersebut akan dikeluarkan melalui uretra.

Letak Ginjal

Ginjal terletak di sebelah kiri dan kanan ruas tulang pinggang di dalam perut sehingga ginjal sering disebut buah pinggang. Letak ginjal kiri lebih tinggi daripada ginjal kanan karena di atas ginjal kanan terdapat hati yang menempati sebagian besar ruang di rongga perut.

Fungsi Ginjal

Ginjal memiliki banyak fungsi dan kegunaan bagi tubuh kita, diantaranya adalah:
  • Menyaring darah
  • Mengatur keseimbangan asam basa di dalam tubuh
  • Mengekskresi zat yang merugikan tubuh
  • Membentuk Urine
  • Menjaga keseimbangan air di dalam tubuh
  • Menghasilkan hormon
  • Mengontrol pH darah
  • Mengatr tekanan osmosis

Sekian pembahasan dari Gudang Biologi mengenai Struktur Anatomi, Bagian, Letak, dan Fungsi Ginjal kali ini. Semoga dapat menambah pengetahuan dan wawasan, sehingga kita tidak hanya mengetahui bahwa ginjal ada di dalam tubuh kita, tetapi kita juga mengetahui bagaimana struktur serta letak ginjal dalam tubuh kita. Sampai jumpa pada ulasan berikutnya.
Struktur Anatomi, Bagian, Letak, dan Fungsi Ginjal | Gilang Jaka Pramana | 5