Perbedaan Proses Pencernaan Mekanik dan Kimiawi Pada Manusia

Proses Pencernaan Mekanik dan Kimiawi Pada Manusia Pencernaan makanan pada manusia melibatkan  dua proses pencernaan yaitu secara mekanik dan kimia. Tahukah kalian bagaimana kedua proses tersebut terjadi didalam tubuh kita saat mencerna makanan? Simak ulasan dari Gudang Biologi berikut ini.

Perbedaan Proses Pencernaan Mekanik dan Kimiawi Pada Manusia

Perbedaan Proses Pencernaan Mekanik dan Kimiawi Pada Manusia

Sistem pencernaan pada manusia dibedakan menjadi dua jenis, yaitu pencernaan secara mekanik dan pencernaan secara kimia. Pencernaan mekanik yaitu pencernaan makanan dengan bantuan gerakan alat pencernaan, sedangkan pencernaan kimia yaitu pencernaan dengan melibatkan enzim-enzim pencernaan.

Mulut

Makanan masuk ke dalam tubuh pertama kali melewati rongga mulut. Di dalam mulut, proses pencernaan makanan secara mekanik dan kimiawi sudah dimulai pada bagian ini. Mulut melakukan pencernaan mekanik dengan bantuan gigi dan ludah, dan pencernaan kimiawi dengan bantuan enzim ptialin.

Kerongkongan

Setelah makanan kita kunyah dalam mulut, makanan akan masuk menuju kerongkongan. Sebelum ke kerongkongan, pada pangkal tenggorokan (laring) terdapat bagian yang memiliki katup dinamakan epiglotis. Epiglotis berfungsi mengatur masuknya makanan dan udara ke dalam tubuh. Kerongkongan melakukan gerak peristaltik, yaitu gerakan meremas dan mendorong makanan menuju satu arah yaitu menuju lambung.

Lambung

Makanan dari kerongkongan terdorong ke dalam lambung akibat gerakan peristaltik, lambung melakukan pencernaan mekanik dengan bantuan otot-otot lambung dan pencernaan kimiawi dengan bantuan enzim yang diproduksi oleh lambung yaitu enzim renin, pepsin, dan HCl.

Usus Dua Belas Jari

Usus dua belas jari menghubungkan lambung dengan usus halus. Di dalam usus 12 jari terdapat enzim yang berasal dari pankreas dan hati yang kemudian disalurkan ke dalam usus halus. Enzim tersebut diantaranya tripsin, lipase, disakarase, dipeptidase, dan enterokinase.

Usus Halus

Di dalam usus halus makanan mengalami pencernaan kimiawi dengan bantuan enzim yang dihasilkan oleh pankreas dan hati. Di dalam usus halus terjadi proses penyerapan sari-sari makanan. Sari-sari makanan tersebut diedarkan oleh darah ke seluruh tubuh.

Usus Besar

Di dalam usus besar sudah tidak terjadi pencernaan makanan, yang ada hanyalah penyerapan air dan garam mineral pada sisa sari-sari makanan yang tidak diserap oleh usus halus. Di dalam usus besar terdapat bakteri Escherichia coli yang berperan dalam proses pembusukan sari-sari makanan di dalam usus besar.

Anus

Sisa sari makanan yang sudah mengalami pembusukan dan penyerapan air kemudian dikeluarkan dari dalam tubuh oleh anus dalam bentuk feces.


Sekian ulasan dari Gudang Biologi mengenai Proses Pencernaan Mekanik dan Kimiawi Pada Manusia. Jadi, kita tidak hanya mengetahui alat-alat pencernaan di dalam, akan tetapi kita dapat mengetahui proses apa saja yang terjadi selama makanan kita dicerna. Semakin kita memahami tubuh kita maka kita semakin bisa menjaganya dengan baik. Sampai jumpa pada ulasan selanjutnya.
Perbedaan Proses Pencernaan Mekanik dan Kimiawi Pada Manusia | Gilang Jaka Pramana | 5