Pengertian, Fungsi Lemak dan Metabolisme Lemak

Pengertian, Fungsi Lemak dan Metabolisme LemakLemak sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia dalam ukuran yang berbeda-beda, terutama untuk orang yang tinggal di daerah yang bersuhu dingin dan orang yang bekerja berat sangat membutuhkan lemak. Lalu, tahukah kalian apa itu lemak? Serta apa fungsinya dan bagaimana metabolisme lemak di dalam tubuh kita? Untuk mengetahuinya simak pembahasan lengkap dari Gudang Biologi berikut ini.

Pengertian, Fungsi Lemak dan Metabolisme Lemak


Pengertian Lemak

Lemak atau Lipid adalah zat organik hidrofobik (hidro : air, fobik : takut) yang bersifat sukar larut dalam air. Namun, lemak dapat larut dalam pelarut organik seperti kloroform, eter, dan benzen.

 


Fungsi Lemak

Lemak memiliki banyak fungsi di dalam tubuh kita diantaranya :

  1. Pembawa zat-zat makan esensial.
  2. Penahan rasa lapar karena adanya lemak akan memperlambat pencernaan.
  3. Sebagai penghasil energi tertinggi.
  4. Sebagai pelarut vitamin A, D, E, dan K.
  5. Sebagai pelindung alat-alat tubuh vital seperti jantung dan lambung yaitu sebagai bantalan lemak.
  6. Sebagai salah satu bahan penyusun membran sel.
  7. Sebagai salah satu bahan penyusun hormon dan vitamin.
  8. Sebagai salah satu bahan penyusun empedu, asam kolat, dan hormon seks.


Metabolisme Lemak

Pencernaan lemak terjadi di dalam usus, karena usus mengandung lipase. Lemak keluar dari lambung masuk ke dalam usus sehingga merangsang hormon kolesistokinin. Hormon kolesistokinin menyebabkan kantung empedu berkontraksi sehingga mengeluarkan cairan empedu ke dalam duodenum (usus dua belaas jari). Empedu mengandung garam empedu yang memegang peranan penting dalam mengemulsikan lemak. Emulsi lemak merupakan pemecahan lemak yang berukuran besar menjadi butiran lemak yang berukuran lebih kecil. Ukuran lemak yang lebih kecil (trigliserida) yang teremulsi akan memudahkan hidrolisis lemak oleh lipase yang dihasilkan dari pankreas. Lipase pankreas akan menghidrolisis lemak teremulsi menjadi campuran asam lemak dan monoligserida (gliserida tunggal). Pengeluaran cairan pankreas dirancang oleh hormon sekretin yang berperan dalam meningkatkan jumlah elektrolit (senyawa penghantar listrik) dan cairan pankreas, serta pankreoenzim yang berperan untuk merangsang pengeluaran enzim-enzim dalam cairan pankreas.


Sekarang kalian sudah mengetahui Pengertian, Fungsi, dan Metabolisme Lemak. Lemak memiliki banyak fungsi dalam tubuh kita, lemak terdapat pada kacang-kacangan, keju, daging, susu, ikan, telur, dll. Dalam mengkonsumsi lemak harus dilakukan secara berkala dan tidak berlebihan agar tubuh kita tidak mengalami kegemukan atau obesitas. Sekian pembahasan dari Gudang Biologi kali ini. Sampai jumpa pada ulasan selanjutnya.
Pengertian, Fungsi Lemak dan Metabolisme Lemak | Gilang Jaka Pramana | 5