Jenis Jenis Tulang pada Manusia

Jenis Jenis Tulang pada Manusia – Pada pertemuan kali ini kita akan membahas mengenai bentuk – bentuk tulang manusia. Apakah kalian tahu bahwa tubuh kita terbentuk dari berbagai macam tulang? Mengapa tulang tersebut berbeda-beda bentuknya? Adakah kaitannya dengan fungsi dari tulang tersebut? Untuk mengetahui jawabannya simak ulasan Gudang Biologi berikut ini.

Tulang atau kerangka merupakan alat gerak pasif karena tidak dapat bergerak tanpa bantuan otot dan sebagai penopang tubuh kita, tanpa tulang tubuh kita tidak bisa tegak berdiri. Tulang memiliki bentuk yang berbeda-beda sesuai dengan fungsi yang dimiliki tulang tersebut. Berdasarkan bentuknya, tulang dibedakan menjadi 4 jenis yaitu tulang pipa, tulang pipih, tulang pendek, dan tulang tak beraturan.

Macam macam Tulang pada Manusia


Tulang Pipa


Tulang ini memiliki bentuk sesuai namanya yaitu berbentuk pipa. Tulang ini memiliki bentuk memanjang dan tengahnya berlubang. Pada ujung tulang pipa (yang berbentuk seperti bundar) terdapat tulang spons sedangkan pada lapisan tulang pipa terdapat tulang kompak, tulang pipa juga dilapisi periosteum. Contohnya adalah tulang paha, tulang betis, tulang ruas jari, dan tulang lengan. Tulang pipa berfungsi sebagai tempat pembentukan sel darah merah.

Jenis Jenis Tulang pada Manusia
Source: Google Images

Tulang Pipih

Tulang ini memiliki bentuk pipih seperti pelat. Contohnya adalah adalah tulang belikat, tulang usus, tulang panggul, tulang penyusun tengkorak, tulang rusuk, dan tulang dada. Tulang pipih berfungsi sebagai tempat pembentukan sel darah merah dan sel darah putih.

Jenis Jenis Tulang pada Manusia
Source: Google Images

Tulang Pendek

Tulang pendek memiliki bentuk sesuai dengan namanya berbentuk pendek dan berisi sumsum merah. Tulang ini bersifat ringan dan kuat. Meskipun tulang ini pendek, tulang ini mampu menahan beban yang cukup berat. Contohnya adalah tulang pergelangan tangan, ruas tulang belakang, tempurung lutut, telapak tangan, dan telapak kaki. Tulang Pendek berfungsi sebagai tempat pembentukan sel darah merah dan sel darah putih.

Jenis Jenis Tulang pada Manusia
Source: Google Images

Tulang Tak Beraturan

Tulang Tak Beraturan. Tulang jenis ini merupakan gabungan dari berbagai bentuk tulang. Contohnya adalah tulang rahang pada wajah dan tulang yang terdapat pada ruas-ruas tulang belakang.

Sekarang kalian sudah mengetahui Jenis Jenis Tulang pada Manusia, sebagai alat penopang bagi tubuh kita, tentu kita harus merawatnya dengan baik, jangan sampai kita jadi tidak bisa berjalan, berlari bahkan tidak bisa menggerakan bagian dari tubuh kita karena kita tidak cukup mengkonsumsi vitamin D yang berfungsi untuk membantu pembentukan tulang kita. Sekian ulasan Gudang Biologi kali ini. Sampai jumpa di ulasan berikutnya. 
Jenis Jenis Tulang pada Manusia | Gilang Jaka Pramana | 5