Anatomi Bunga Tumbuhan Monokotil dan Dikotil

Anatomi Bunga Tumbuhan Monokotil dan Dikotil – Bunga memang merupakan bagian yang paling menarik dari tumbuhan. Bunga juga berperan sebagai pemikat serangga agar terjadi penyerbukan. Namun, tahukah kalian bahwa bunga juga memiliki bagian selain kelopak bunga yang biasa kita lihat? Untuk mengetahuinya, simak pembahasan dari Gudang Biologi berikut ini.

Anatomi Bunga Tumbuhan Monokotil dan Dikotil

Anatomi Bunga Tumbuhan Monokotil dan Dikotil

Bunga merupakan alat perkembangbiakan pada tumbuhan Angiospermae. Bunga merupakan alat perkembangbiakan karena di dalam bunga terdapat alat-alat reproduksi, seperti benang sari,  putik, dan kandung lembaga.

Bunga juga merupakan alat reproduksi seksual (generatif) dan terletak pada dasar bunga atau reseptakulum. Pada reseptakulum terdapat kelopak bunga (kaliks) yang terdiri atas satuan kelopak bunga (sepal).  Kelopak bunga adalah bagian bunga terluar yang terletak di dasar bunga. Kelopak ini berwarna hijau dan merupakan modifikasi dari daun. Bagian atau lembaran kelopak bunga disebut juga daun kelopak (sepal). 

Di atas reseptakulum terdapat ovarium yang di dalamnya terdapat bakal biji (ovum). Ovarium berhubungan dengan putik yang terdiri atas tangkai putik (stigma). Bakal biji melekat pada dinding ovarium dengan plasenta (funiculus). Pada bunga, terdapat benang sari (alat kelamin jantan) yang terdiri atas kepala sari (anthera) dan tangkai sari (filamen). Dari anthera dihasilkan serbuk sari atau polen yang mengandung gamet.

Pada dasarnya, anatomi bunga tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil hampir sama. Bagian utama dari bunga adalah mahkota bunga (corolla) yang terdiri atas petal (helai mahkota bunga). Mahkota dan kelopak bunga sering disebut perhiasan bunga dan ukuran mahkota biasanya besar dan berwarna-warni.  Mahkota tumbuhan monokotil umumnya 3 atau 6 helai contohnya adalah bunga padi, bunga gandum, bunga jagung, dll. Sedangkan, daun mahkota tumbuhan dikotil umumnya 4 atau 5 helai contohnya adalah bunga mangga, bunga kayu manis, bunga alpukat, dll.

Sekarang kalian sudah mengetahui bahwa tumbuhan monokotil dan dikotil memiliki anatomi yang hampir sama dan hanya dibedakan pada kelipatan helainya saja. Semoga ulasan dari Gudang Biologi kali ini menambah wawasan dan pengetahuan kalian mengenai Anatomi Bunga Tumbuhan Monokotil dan Dikotil. Sampai jumpa diulasan berikutnya.
Anatomi Bunga Tumbuhan Monokotil dan Dikotil | Gilang Jaka Pramana | 5