Proses Pernapasan pada Manusia

Proses Pernapasan pada Manusia – Untuk memahami bagaimana proses pernapasan pada manusia terjadi, sekarang coba kalian tarik napas secara perlahan. Pada saat kalian menarik napas, maka akan terasa udara yang terhirup melalui hidung. Udara yang kalian hirup tersebut mengandung oksigen serta kandungan kimia lainnya. Stelah masuk melalui hidung, udara akan masuk menuju tenggorokan lalu perlahan memasuki paru-paru sampai pada akhirnya udara akan tiba di alveoli. Pada alveolus terjadilah proses difusi dimana oksigen yang terkanding di dalam alveolus akan melakukan pertukaran dengan karbondioksida yang ada pada pembuluh darah.

Di dalam darah, oksigen akan diikat oleh hemoglobin. Kemudian, darah yang di dalamnya sudah terkandung oksigen akan mengalir ke seluruh tubuh. Apakah kalian tahu mengapa darah mengalirkan oksigen ke selirih bagian tubuh? Itu karena oksigen amat dibutuhkan untuk proses respirasi pada sel-sel yang ada di dalam tubuh. Oksigen akan bertukar dengan karbondioksida yang merupakan gas sisa yang dihasilkan dari proses respirasi. Kemudian darah akan membawa kembali karbondioksida menuju alveolus yang ada  di dalam paru-paru untuk selanjutnya dikeluarkan kembali melalui hidung disaat kalian menghembuskan napas.

Proses Pernapasan pada Manusia

Proses pernapasan terdiri atas dua proses proses yang pertama adalah Inspirasi atau proses menarik napas. Dan proses yang kedua adalah Ekspirasi atau proses mengeluarkan napas.

Pada saat menarik napas, otot diafragma yang ada di rongga dada akan berkontraksi. Otot ini pada awalnya berbentuk melengkung, kemudian akan menjadi lurus saat berkontraksi. Ketika otot diafragma berkontraksi, maka rongga dada akan mengembang sehingga tekanan di dalam rongga dada akan berkurang dan memungkinkan masuknya udara.

Sementara pada saat mengeluarkan napas otot diafragma akan melemas sehingga rongga dada akan mengecil yang mengakibatkan tekanan di dalam rongga dada menjadi naik dan udara akan tertekan keluar. Jadi, yang perlu kalian ingat adalah bahwa udara akan mengalir dari suatu tempat yang memiliki tekanan besar menuju tempat yang memiliki tekanan lebih kecil.

Proses Pernapasan pada Manusia
Source: Google Images


Jenis-jenis Pernapasan

Jenis pernapasan dibedakan berdasarkan kepada organ-organ yang terlibat di dalam proses inspirasi dan ekspirasi. Adapun jenis-jenis pernapasan antara lain:

Pernapasan Dada

Pada pernapasan dada, inspirasi terjadi ketika otot yang berada diantara tulang rusuk berkontraksi sehingga rongga dada membesar dan membuat tulang rusuk terangkat. Ketika itu terjadi maka paru-paru akan mengembang sehingga mengakibatkan turunnya tekanan di dalam paru-paru. Karena tekanan udara yang ada di luar tubuh lebih besar daripada yang ada di dalam paru-paru, maka udara bisa masuk ke dalam paru-paru melalui hidung. Sedangkan pada proses ekspirasi otot antar tulang akan berelaksasi sehingga rongga dada menjadi lebih sempit yang mengakibatkan peningkatan tekanan udara sehingga udara akan terdorong keluar dari paru-paru melalui hidung.

Pernapasan Perut

Pada pernapasan perut, inspirasi terjadi ketika otot diafragma berkontraksi sehingga posisinya akan sedikit mendatar. Kondisi tersebut akan membuat rongga perut turun sehingga rongga dada akan membesar dan mengakibatkan tekanan udara di dalam paru-paru menjadi kecil. Sehingga udara bisa masuk ke dalam paru-paru melali hidung.sebaliknya, ekspirasi akan terjadi bilamana otot diafragma melakukan relaksasi sehingga posisinya kembali melengkung dan mengakibatkan rongga perut kembali naik yang membuat rongga dada menjadi lebih kecil. Tekanan udara di dalam paru-paru akan meningkat sehingga udara akan tertekan keluar dari paru-paru melalui hidung.

Proses Pernapasan pada Manusia
Source: Google Images

Sekian pembahasan yang dapat diberikan Gudang Biologi mengenai Proses Pernapasan pada Manusia sampai jumpa lagi pada pembahasan materi pelajaran biologi yang lainnya.
Proses Pernapasan pada Manusia | Gilang Jaka Pramana | 5