Proses dan Reaksi Fotosintesis pada Tumbuhan

Proses dan Reaksi Fotosintesis Pada TumbuhanSalah satu ciri makhluk hidup adalah memerlukan makan. Manusia dan hewan dapat mencari makanannya sendiri, namun bagaimanakah dengan tumbuhan ? Bagaimanakah cara tumbuhan mengolah makanannya sehingga disebut sebagai produsen ? Untuk mengetahuinya simak bahasan Gudang Biologi berikut.

Proses dan Reaksi Fotosintesis pada Tumbuhan
Source: Google Images

Pengertian Fotosintesis


Fotosintesis merupakan proses pembentukan karbohidrat dari karbon dioksida (CO2) dan air (H2O) dengan bantuan sinar matahari. Tumbuhan mampu melakukan fotosintesis karena mempunyai sel-sel yang mengandung klorofil (zat hijau daun). Dalam fotosintesis, energi cahaya matahari diserap oleh klorofil dan diubah menjadi energi kimia yang disimpan dalam bentuk karbohidrat atau senyawa organik lainnya. Di dalam tumbuhan karbohidrat diubah menjadi protein, lemak, vitamin, atau senyawa yang lain. Senyawa-senyawa organik ini selain dimanfaatkan oleh tumbuhan itu sendiri, juga dimanfaatkan oleh manusia dan hewan herbivora sebagai bahan makanan. Oleh karena itu tumbuhan juga disebut produsen karena dapat membuat makanan sendiri.

Secara sederhana, reaksi kimia yang terjadi pada proses fotosintesis dapat dituliskan sebagai berikut:

Proses dan Reaksi Fotosintesis pada Tumbuhan


Dari reaksi di atas, dapat diketahui syarat-syarat agar fotosintesis dapat berlangsung yaitu :
  1. Air (H20), diambil dari dalam tanah oleh akar dan diangkut ke daun melalui pembuluh kayu (xilem).
  2. Cahaya matahari.
  3. Karbon dioksida (CO2),  diambil oleh tumbuhan dari udara bebas melalui stomata (mulut daun).
  4. Klorofil (zat hijau daun), sebagai penerima energi dari cahaya matahari untuk melangsungkan proses fotosintesis.


Tempat Terjadinya Proses Fotosintesis

Proses fotosintesis terjadi di daun yang berwarna hijau karena mengandung klorofil yang dapat menyerap sinar matahari. Daun memiliki permukaan atas dan bawah yang dilindungi lapisan epidermis yang mempunyai lapisan lilin. Fungsi lapisan lilin mencegah penguapan air (transpirasi) yang berlebihan. Lapisan epidermis tersusun atas sel-sel epidermis, di antara sel-selnya terdapat stomata. Fungsi stomata adalah untuk pertukaran CO2 dan O2 dalam proses fotosintesis dan respirasi. Di antara epidermis bawah dan atas terdapat jaringan palisade. Sel-selnya mengandung kloroplas yang berfungsi menyerap cahaya matahari untuk digunakan sebagai tenaga dalam proses fotosintesis. Di dalam kloroplas inilah proses fotosintesis terjadi. Dalam kloroplas terdapat pigmen warna hijau, yaitu klorofil.

Proses dan Reaksi Fotosintesis pada Tumbuhan
Source: Google Images

Proses Fotosintesis

Proses Fotosintesis dimulai ketika tumbuhan menangkap cahaya menggunakan pigmen yang disebut klorofil. Pigmen inilah yang memberi warna hijau pada tumbuhan. Klorofil terdapat dalam organel yang disebut kloroplas. Klorofil menyerap cahaya yang akan digunakan dalam fotosintesis. Meskipun seluruh bagian tubuh tumbuhan yang berwarna hijau mengandung kloroplas, namun sebagian besar energi dihasilkan di daun. Di dalam daun terdapat lapisan sel yang disebut mesofil yang mengandung setengah juta kloroplas setiap milimeter perseginya. Cahaya akan melewati lapisan epidermis tanpa warna dan yang transparan, menuju mesofil, tempat terjadinya sebagian besar proses fotosintesis. Permukaan daun biasanya dilapisi oleh kutikula dari lilin yang bersifat anti air untuk mencegah terjadinya penyerapan sinar matahari ataupun penguapan air yang berlebihan.  

Proses dan Reaksi Fotosintesis pada Tumbuhan
Source: Google Images

Glukosa diedarkan ke seluruh tubuh tumbuhan melalui floem. Hasil fotosintesis ini digunakan tumbuhan untuk pertumbuhan dan perkembangannya. Apabila kebutuhan glukosa sudah cukup, maka kelebihan glukosa yang ada akan diubah menjadi karbohidrat dan disimpan sebagai cadangan makanan di dalam akar, batang, buah, atau biji. Di dalam akar contohnya singkong, di dalam batang contohnya sagu dan tebu, di dalam buah contohya  apel, jeruk dan mangga, di dalam biji contohnya kacang kedelai dan kacang tanah.

Demikianlah penjelasan mengenai Proses dan Reaksi Fotosintesis. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kalian bahwa kita sebagai makhluk hidup bergantung pada tumbuhan karena tumbuhan merupakan salah satu sumber energi bagi makhluk hidup.
Proses dan Reaksi Fotosintesis pada Tumbuhan | Gilang Jaka Pramana | 5