Bahan Kimia yang Ada di Rumah Tangga

Bahan Kimia yang Ada di Rumah Tangga - Di dalam kehidupan sehari-hari kita pasti akan selalu bertemu dengan yang namanya bahan kimia. Kebanyakan bahan kimia tersebut merupakan campuran dari dua atau lebih zat. Oleh sebab itu, kondisi suatu bahan kimia akan bergantung kepada sifat dari zat-at yang menyusunnya. Banyak orang yang telah mencoba untuk mengurangi penggunan bahan kimia di dalam kehidupan mereka namun tetap saja kita tidak bisa terlepas dari bahan kimia tersebut karena sudah terlalu banyak produk rumah tangga yang berbahan kimia dan telah digunakan selama bertahun-tahun. Sabun, shampo, pengharum ruangan, pewangi pakaian, semuanya itu adalah bahan kimia. Oleh karena itu, sebaiknya kita mempelajari lebih jauh mengenai bahan kimia yang ada di dalam rumah tangga agar kita dapat menggunakanya dengan lebih bijak. Simak ulasan lengkap Gudang Biologi berikut ini:

 Bahan Kimia yang Ada di Rumah Tangga
Source: Google Images

Penggolongan Bahan Kimia

Perlu kalian pahami dan mengerti bahwa tidak semua bahan kimia itu berbahaya. Bahan kimia sendiri terbagi ke dalam dua golongan yaitu bahan kimia alami dan bahan kimia buatan.

Bahan Kimia Alami

Bahan kimia alami adalah bahan-bahan kimia yang sudah tersedia di alam seperti air, kunyit, minyak cengkeh, dsb. Di dalam proses pemakaiannya, bahan kimia alami cenderung lebih aman dan tidak menimbulkan efek yang negatif bagi lingukngan maupun makhluk hidup.

Bahan Kimia Buatan

Disebut juga sebagai bahan kimia sintetis yaitu bahan kimia yang direkayasa atau diolah untuk tujuan tertentu dan biasanya diproduksi oleh suatu pabrik dalam skala yang besar. Contoh dari bahan kimia buatan adalah sabun mandi, deterjen, plastik, kosmetik, obat nyamuk, pembasmi serangga, dsb. Bahan kimia buatan ini biasanya cenderung lebih berbahaya dan bisa menimbulkan dampak negatif bagi lungkungan apabila digunakan secara berlebihan. Bahkan diantara bahan-bahan tersebut ada yang beracun dan bisa mencemari lingkungan.

Jenis-jenis Bahan Kimia Dalam Rumah Tangga

Bahan kimia yang sering kita gunakan sehari-hari bisa digolongkan menjadi beebrapa jenis, diantaranya adalah:

Bahan Pembersih

Pembersih merupakan bahan-bahan kimia yang dibuat untuk membantu kita dalam melarutkan atau mengangkat kotoran yang menempel pada suatu benda.di dalam pembersih biasanya digunakan bahan utama yang disebut sebagai surfaktan. Bahan aktif tersebut memiliki fungsi sebagai pengikat air dan minyak sehingga dapat memudahkan kita dalam membersihkan kotoran. Selain bahan utama tersebut tentunya masing-masing produk ditambah dengan bahan-bahan lain yang dapat mengoptimalkan fungsi dari produk tersebut sesuai dengan kegunaanya di dalam rumah tangga.Adapun contoh dari bahan kimia pembersih adalah detergen, sabun mandi, sabun cuci piring, shampoo, dan sebagainya.

Bahan Pemutih

Tentu kalian sudah mengetahui fungsi dari bahan pemutih ini. benar sekali, pemutih digunakan untuk menghilangkan noda dan membuat pakaian yang kusam menjadi lebih putih. Jika kalian melihat pada kemasan produk ini, tentu kalian bisa mengetahui kandungan apa yang ada di dalam pemutih. biasanya bahan kimia yang digunakan adalah natrium perboat dan klorin. Kedua bahan kimia tersebut harus digunakan secara hati-hati karena bisa mengakibatkan kelunturan ppada kain yang berwarna.

Bahan Pewangi

Produk pewangi terdiri atas bahan alami dan buatan. Pewangi alami bisa didapatkan dari beragam jenis bunga dan buah-buahan. Sementara pewangi buatan dibuat dari beragam senyawa yang wanginya menyerupai wangi bunga atau buah-buahan.  Selain itu, pewangi yang biasa dijual di pasaran mengandung zat-zat tambahan lainnya seperti alkohol ataupun tawas. Sementara untuk pewangi yang disemprotkan biasanya ditambah zat propelan. Namun ternyata zat tersebut dapat mencemari lingkungan karena bisa merusak lapisan ozon.


Pestisida

Bahan kimia pestisida sangat erat kaitannya dengan kehidupan para petani. Pestisida merupakan bahan kimia yang digunakan untuk memberantas hama dan penyakit pada tanaman yang bisa mengganggu hasil pertanian. Berdasarkan kegunaanya, pestisida dapat digolongkan menjadi:

Insektisida:
Pestisida untuk membasmi serangga. Contoh dari insektisida adalah basminon, basudin, diklorovinil dimetil fosfat, diazinon, dan tiodan.

Fungisida:
Pestisida untuk memberantas jamur dan cendawan. Contoh fungisida adalah karbendazim, natrium dikromat, organomerkuri dan tembaga oksiklorida.

Bakterisida:
Pestisida untuk memberantas baktri dan virus. Contohya adalah tetramycin yang biasa digunakan untuk membasmi virus CVPD pada tumbuhan jeruk.

Rodentisida:
Pestisida untuk membasmi hewan pengerat.

Nematisida:
Pestisida untuk menanggulangi hama cacing.

Herbisida:
Pestisida yang digunakan untuk menanggulangi gulma atau tanaman pengganggu.

Perlu diingat bahwa penggunaan pestisida haruslah dengan aturan dan takaran yang sesuai agar tidak mengakibatkan kerusakan pada lingkungan dan gangguan kesehatan pada manusia.



Setelah membaca penjelasan mengenai Bahan Kimia yang Ada di Rumah Tangga kami harap kalian bisa menggunakan bahan-bahan kimia tersebut dengan lebih bijaksana dan bertanggung jawab. Jangan sampai menggunakannya secara berlebihan karena dapat mengakibatkan dampak negatif bagi bumi kita tercinta.
Bahan Kimia yang Ada di Rumah Tangga | Gilang Jaka Pramana | 5