Penjelasan Struktur dan Fungsi Organel Sel

Sel dan Organel - Pada artikel kali ini Gudang Biologi akan memberikan pembahasan mengenai organel-organel sel beserta fungsinya. Sel-sel yang dimiliki oleh tumbuhan ataupun hewan tersusun atas organel-organel yang memiliki fungsi tertentu. Terdapat beberapa perbedaan antara sel tumbuhan dengan sel hewan. Sel tumbuhan memiliki dinding sel sementara sel hewan tidak. Vakuola pada sel tumbuhan berukuran lebih besar daripada vakuola pada sel tumbuhan. Sel tumbuhan memiliki plastida sementara sel hewan tidak. sebaliknya sel hewan memiliki sentriol sedangkan sel tumbuhan tidak. Perbedaan tersebut dapat kalian lihat pada gambar berikut ini:

Penjelasan Struktur dan Fungsi Organel Sel
Source: Google Images


Sel terdiri atas beberapa bagian yang membentuknya. Susunan bagian-bagian tersebut dikenal sebagai struktur sel. struktur sel terdiri dari membran sel, sitoplasma, serta organel-organel sel. mari kita lihat lebih jauh pembahasan mengenai bagian-bagian sel tersebut pada penjelasan di bawah ini:

STRUKTUR SEL


MEMBRAN SEL

Merupakan bagian yang memisahkan antara bagian dalam sel dengan daerah yang ada di luar sel tersebut. bagian ini menjadi tempat keluar masuknya zat-zat tertentu dari dalam maupun keluar sel. Membran sel memiliki sifat semipermeabel dan selektif permiabel karena hanya zat-zat tertentu yang dapat melintas pada bagian sel yang satu ini. Fungsi dari membran sel antara lain: 

  • pembatas antara isi sel dengan bagian luar sel.
  • tempat terjadinya beberapa reaksi kimia seperti respirasi sel.
  • mengontrol keluar masuknya zat dari luar ke dalam sel dan sebaliknya.
  • melindungi sel
  • mengatur kestabilan pH, konsentrasi ion, serta membuang racun sisa metabolisme.


SITOPLASMA

Merupakan cairan sel yang terdapat di antara inti sel dengan membran plasma. cairan tersebut tersusun dari sitosol yang memiliki sifat koloid dan organel-organel sel.  Sitoplasma memiliki beberapa peranan penting seperti:

lokasi penyimpanan beragam jenis bahan kimia (ion, gula, lemak, enzim, protein)yang dibutuhkan untuk metabolisme sel.
Lokasi terjadinya metabolisme sitosolik
tempat terjadinya beragam proses sintetis (asam lemak, protein, asam amino, neuklotida)


ORGANEL-ORGANEL SEL DAN FUNGSINYA


Nukleus (Inti Sel)
nukleus atau inti sel merupakan organel terbesar yang ada di dalam sebuah sel. Bagian ini memiliki fungsi untuk mengendalikan beragam aktivitas sel mulai dari proses metabolisme hingga proses pembelahan sel. 

Retikulum Endoplasma
Retikulum endoplasma atau RE merupakan sistem membran yang bentuknya berlipat-lipat yang menjadi penghubung antara membran inti dengn membran sel. Selain itu, organel ini juga memiliki peranan yang vital dalam proses perpindahan zat antar sel. Perlu kalian ketahui bahwa ada dua tipe RE yaitu RE halus dan RE kasar. Pada RE kasar terdapat banyak ribosom yag menempel pada bagian permukaannya.

Ribosom
Ribosom merupakan tempat terjadinya proses sintetis protein. Organel ini ini tersusun sebagian besar oleh asam ribonukleat. Ribosom terdapat di dalam sitoplasma ataupun melekat pada permukaan retikulum endoplasma.


Badan Golgi
Badan golgi berbentuk seperti kantung yang pipih. Badan golgi memiliki beberapa fungsi terutama dalam proses sekresi karbohidrat, enzim, atau lemak. Selain itu organel ini juga berperan dalam proses pembentukan lisosom. Badan golgi banyak terdapat pada sel-sel yang berperan dalam proses penyusunan kelenjar.

Lisosom
Merupakan kantung-kantung kecil yang di bagian dalamnya pada umumnya berisikan enzim hidrolisis (pencernaan). Tentu saja organel ini berperan penting di dalam proses pencernaan seperti pencernaan intra sel, eksositosis, autofagi, dan autolisis.

Penjelasan Struktur dan Fungsi Organel Sel
Source: Google Images

Mitokondria
Mitokondria dapat berbentuk bulat, oval ataupun batang. Pada organel ini terjadi proses respirasi aerob  guna menghasilkan ATP yang merupakan sumber energi bagi sel. di dalam mitokondria ada dua lapis membran sel. Membran bagian dalam berbentuk lipatan-lipatan. bagian ini disebut membran krista, fungsinya adalah untuk memperluas permukaan agar proses pengikatan oksigen dapat berjalan dengan efektif. rongga diantara lipatan membran krista berisikan cairan matriks yang mengandung enzim pernafasan (sitokrom), DNA, RNA dan juga ribosom.


Mikrotubulus
bentuknya berupa silinder dan tidak memiliki cabang. organel ini bersifat kaku dan fungsinya adalah sebagai kerangka yang menjaga bentuk sel. selain itu mikrotubulus juga berfungsi di dalam proses transportasi zat.

Mikrofilamen
organel ini berbentuk benang-benang halus. mikrofilamen terbentuk dari protein myosin dan protein aktin. Peranan mikrofilamen amat penting di dalam kontraksi otot, pergerakan sel, eksositosis dan endositosis.

Sentrosom
Sentrosom terdiri atas dua sentriol yang diselubungi oleh sentrosfer. Fungsi utama dari sentrosom adalah untuk mengatur proses pembelahan sel serta pergerakan kromosom.

Penjelasan Struktur dan Fungsi Organel Sel
Source: Google Images


Vakuola
vakuola adalah rongga yang ada di dalam sel dan dibatasi oleh membran tonoplas. organel ini berfungsi sebagai tempat penimbunan zat makanan  dan sisa-sisa metabolisme. Pada tumbuhan ukuran vakuola cenderung berukuran besar sedangkan pada hewan vakuola berukuran kecil bahkan terkadang tidak terdapat vakuola. pada hewan bersel satu ada dua jenis vakuola yaitu vakuola kontraktil dan vakuola makanan.

Plastida
Plastida biasanya berisikan pigmen. Plastida yang bagian dalamnya berisi pigmen klorofil disebut sebagai kloroplas. fungsinya amat penting dalam proses fotointesis. plastida yang berisi selain klorofil disebut Kromoplas. Kromoplas inilah yang memberikan warna pada alga ataupun bunga. sementara plastida yang tidak mempunyai warna disebut leukoplas.

Peroksisom (Badan Mikro)
Organel ini tersusun atas selapis membran dengan tidak memiliki struktur di bagian dalam. bentuknya bulat dengan diameter antara 0,1-1,5 nm. Ada dua macam badan mikro, yaitu Glioksisom dan Peroksisom.

Demikian materi pelajaran biologi mengenai Penjelasan Struktur dan Fungsi Organel Sel semoga artikel ini dapat membantu kalian yang sedang mencari materi mengenai sel dan strukturnya. 

Penjelasan Struktur dan Fungsi Organel Sel | Gilang Jaka Pramana | 5