Penjelasan Ciri-ciri Makhluk Hidup Beserta Gambarnya

Ciri-ciri Makhluk Hidup - Makhluk hidup tentu saja memiliki perbedaan dengan benda mati. Sesuatu dapat dikatakan sebagai makhluk hidup apabila memiliki ciri-ciri tertentu yang menunjukan bahwa ia hidup. adapun ciri-ciri makhluk hidup yang paling umum diantaranya adalah:

Penjelasan Ciri-ciri Makhluk Hidup


1. Bernapas

ciri makhluk hidup yang pertama adalah bernapas. Setiap makhluk hidup pasti memiliki sistem dan organ pernapasan (respirasi). pernapasan sebenarnya adalah sebuah proses pelepasan energe serta zat makanan. Pada tumbuhan ataupun hewan, proses respirasi atau pernapasan membutuhkan oksigen (O2) dan akan menghasilkan zat sisa pernapasan yang disebut sebagai karbon dioksida (CO2) dan juga uap air (H2O). Oksigen dibutuhkan oleh tubuh untuk membakar zat makanan. proses pembakaran makanan di dalam sel dengan bantuan oksigen disebut sebagai oksidasi biologi. proses reaksi pernapasan dapat digambarkan sebagai berikut:

C6H2O6 (Glukosa) + 6O2 (Oksigen) --> Energi + 6CO2 (Karbondioksida) + 6H2O (Air)

  • Beberapa organ yang digunakan oleh makhluk hidup untuk bernapas diantaranya:
  • Paru-paru (mamalia, Reptil, Aves, dan Amfibi)
  • Kulit (Cacing)
  • Insang (Ikan)
  • Trakea (Serangga)
  • Permukaan tubuh (Protozoa/hewan bersel satu)
  • Stomata dan Lentisel (Tumbuhan Hijau)

Ciri-ciri Makhluk

2. Bergerak

Setiap makhluk hidup pastilah bergerak baik itu manusia, hewan, maupun tumbuhan. geak pada hewan dan manusia dapat berupa gerakan tubuh atau gerakan berpindah tempat. Sementara gerak pada tumbuhan hanya berupa gerak pada bagian tubuh.
Berikut adalah bebeapa contoh gerak yang dilakukan oleh tumbuhan:

Nasti
gerak pada tumbuhan yang arahnya tidak dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. contoh dari gerak nasti adalah tumbuhan putri malu yang menutup daunnya jika disentuh, dari manapun arah sentuhan tersebut daun putri malu akan tetap menutup ke arah dalam.

Ciri-ciri Makhluk Hidup

Tropisme
Gerak pada tumbuhan yang arahnya ditentukan atau dipengaruhi oleh arah datangnya rangsangan. contohnya adalah tumbuhnya akar yang dipengaruhi oleh gravitasi (geotropisme) ataupun gerak tumbuhnya tunas yang menuju kepada arah datangnya sinar matahari (fototropisme).

Ciri-ciri Makhluk Hidup


Taksis
Gerak pada tumbuhan yang melibatkan seluruh sel atau tubuhnya berpindah tempat dikarenakan oleh adanya rangsangan tertentu. Contohnya adalah Euglena yang bergerak atau berpindah tempat menuju arah datangnya cahaya.


3. Peka Terhadap Rangsangan

Makhluk hidup memiliki rekasi tertentu terhadap adanya rangsangan sifat tersebut biasa juga disebut sebagai Iritabilitas. jenis-jenis rangsangan yang bisa ditanggape oleh makhluk hidup diantaranya adalah : cahaya, zat kimia, rangsangan mekanis, dan suhu.

4. Membutuhkan Makanan

Makhluk hidup membutuhkan sumber makanan untuk bertahan hidup. Makanan dibutuhkan untuk proses metabolisme di dalam tubuh. Selain it makanan juga merupakan sumber energi agar makhluk hidup dapat beraktifitas dengan baik. Makanan juga dibutuhkan untuk membentuk sel-sel baru atau memperbaiki sel-sel yang rusak. Sumber makanan pada tiap-tiap makhluk hidup tentunya berbeda. Manusia dan hewan berbeda dengan tumbuhan karena mereka tidak dapat menyusun zat makanan sendiri. sehingga mereka hanya bisa mengambil dan memanfaatkan sumber makanan yang ada seperti tumbuhan atau hewan lainnya. sedangkan tumbuhan dapat memproses zat makanan sendiri dengan mengambil unsur-unsur hara yang ada di dalam tanah.

5. Berkembang Biak

Makhluk hidup berkembang biak untuk menjaga keturunan dan kelangsungan hidup spesies mereka. Kalian bisa membaca artikel mengenai Perkembangbiakan pada Tumbuhan dan Perkembangbiakan pada Hewan untuk penjelasan yang lebih lengkap.

6. Tumbuh dan Berkembang

Makhluk hidup terus tumbuh sampai akhirnya mereka mati. pertumbuhan bisa berupa perubahan fisik seperti tubuh yang semakin besar, tinggi, atau semakin tua. Sementara perkembangan pada makhluk hidup berkaitan dengan fase hidup mulai dari bayi, anak-anak, remaja, sampai dewasa.

7. Mengeluarkan Zat Sisa

Karena makhluk hidup mengalami proses metabolisme dan pencernaan makanan, maka pasti akan ada zat sisa yang dihasilkan. Zat tersebut tidak diperlukan lagi oleh tubuh sehingga harus dikeluarkan. Sistem pengeluaran pada makhluk hidup disebut juga sebagai sistem eksresi. beberapa contoh organ pengeluaran diantaranya adalah: paru-paru, ginjal, kulit, dan hati.

8. Beradaptasi

Makhluk hidup juga memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya. kemampuan ini disebut sebagai kemampuan beradaptasi.


Itulah kiranya penjelasan yang  diberikan oleh Gudang Biologi mengenai Ciri-ciri Makhluk Hidup semoga dapat menambah pengetahuan kalian.
Penjelasan Ciri-ciri Makhluk Hidup Beserta Gambarnya | Gilang Jaka Pramana | 5