Pengertian Ekosistem, Komponen, dan Macam-macam Ekosistem Lengkap

Pengertian Ekosistem  - Khusus pada postingan ini Gudang Biologi akan memberikan penjelasan mengenai Pengertian Ekosistem, Komponen, dan Macam-macam Ekosistem. Mari kita mulai dengan pengertian ekosistem. Ekosistem merupakan sebuah proses yang terbentuk oleh adanya suatu hubungan timbal balik yang terjadi antara makhluk hidup dengan lingkungan tepat hidupnya. 

Pengertian Ekosistem, Komponen, dan Macam-macam Ekosistem Lengkap
Source: Google Images


Di dalam ekosistem ada komponen-komponen yang terlibat yaitu komponen biotik (hidup) serta komponen abiotik (tak hidup). Masing-masing komponen memiliki fungsi yang berbeda-beda dan saling berkaitan satu sama lain. Keseimbangan ekosistem akan terus terjaga apabila fungsi dari tiap-tiap komponen tersebut tidak mengalami gangguan.

KOMPONEN PENYUSUN EKOSISTEM

Komponen di dalam ekosistem dapat dibedakan dengan berdasarkan kepada fungsi serta aspek pembentuknya menjadi dua komponen, yaitu:

Komponen Botik (hidup)
Komponen biotik meliputi seluruh komponen yang membentuk suatu ekosistem selain komponen abiotik. Komponen ini berisikan makhluk hidup atau organisme. Komponen biotik terbagi ke dalam 2 jenis yaitu heterotrof dan dekomposer, berikut penjelasannya:

Konsumen (Heterotrof)
Yang termasuk ke dalam komponen heterotrof adalah organisme yang memperoleh sumber makanan dengan memanfaatkan bahan-bahan organik yang disediakan oleh organisme yang lain. Contoh dari organisme yang termasuk ke dalam golongan ini adalah hewan dan manusia.

Pengurai (Dekomposer)
Yang termasuk ke dalam komponen dekomposer adalah organisme yang mengambil sumber makanan dengan cara menguraikan bahan-bahan organik dari organisme lainnya yang telah mati. Contoh dari organisme yang tergolong sebagai dekomposer adalah bakteri dan jamur.


Komponen Abiotik (tak hidup)

Komponen abiotik meliputi bahan-bahan tidak hidup atau non-hayati yang terdiri atas komponen fisik dan kimia. Berikut adalah beberapa contoh komponen abiotik di dalam sebuah ekosistem:

Suhu
Suhu sangat berpengaruh di dalam proses biologi. Beberapa jenis hewan membutuhkan energi untuk mengatur temperatur tubuh mereka.

Air
Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa air memegang peranan penting di dalam kehidupan suatu organisme. 

Cahaya Matahari
Cahaya matahari dibutuhkan dalam proses fotosintesis pada tumbuhan. Cahaya matahari juga berpengaruh terhadap suhu yang bisa berpengaruh terhadap kehidupan suatu organisme.

Tanah dan Bebatuan
Sudah jelas bahwa tanah menjadi tempat hidup beragam jenis tumbuhan dan juga hewan.

Iklim
Kondisi cuaca jelas berpengaruh terhadap kehidupan organisme. spesies tumbuhan dan hewan pada daerah beriklim dingin tentu akan berbeda dengan daerah yang beriklim tropis.


SATUAN MAKHLUK HIDUP DI DALAM EKOSISTEM

Individu : 
satu organisme/makhluk hidup, contohnya seorang manusia, seekor lalat, seekor kambing.

Populasi:
Sekumpulan makhluk hidup yang hidup di suatu tempat dengan jangka waktu tertentu dan mampu berkembang biak. Contohnya adalah sekumpulan lebah, sekumpulan rusa, dsb.

Komunitas: 
Kumpulan dari beragam populasi yang hidup pada suatu daerah dalam kurun waktu yang relatif panjang.

Kumpulan dari komunitas itulah yang kemudian kita sebut sebagai ekosistem. karena akan terjadi hubungan antara makhluk hidup yang satu dengan yang lain dan juga dengan lingkungan di mana mereka tinggal.


MACAM-MACAM TIPE EKOSISTEM

Ada beberapa ipe ekosistem yang terbentuk di muka bumi ini yaitu ekosistem alamiah dan ekosistem buatan.

Ekosistem Alamiah

Merupakan ekosistem yang tercipta dengan sendirinya secara alami dan tanpa ada bantuan dari manusia.  Ekosistem alamiah terbagi lagi menjadi ekosistem Air (akuatik) dan Darat (terestrial) simak penjelasannya di bawah ini:

Ekosistem Akuatik (air)
Merupakan suatu ekosistem  dimana habitatnya sebagian besar berupa perairan/air. Yang termasuk ke dalam ekosistem akuatik adalah: 

  • Ekosistem air tawar
  • Ekosistem air laut
  • Ekosistem sungai
  • Ekosistem estuari (bersatunya sungai dan laut)
  • Ekosistem terumbu karang
  • Ekosistem laut dalam
  • Ekosistem lamun (tumbuhan yang dapat berbunga di daerah laut)


Ekosistem Terestrial (darat)
Merupakan suatu ekosistem  dimana lingkungan fisik (habitat) utamanya berupa daratan. Yang termasuk ke dalam ekosistem tetresial adalah: 

  • Hutan hujan tropis
  • Sabana
  • Padang rumput
  • Gurun
  • Hutan gugur
  • Taiga
  • Tundra
  • Gua

Ekosistem Buatan

Merupakan ekosistem yang terbentuk tidak secara alami melainkan dibuat oleh tangan manusia. Contoh dari ekosistem buatan adalah: Sawah, Bendungan, Perkebunan, dsb.


Demikian penjelasan mengenai Pengertian Ekosistem, Komponen, dan Macam-macam Ekosistem Lengkap. Demi keberlangsungan ekosistem yang seimbang, kita sebagai manusia harus menjaga lingkungan kita dengan baik. Lakukanlah kegiatan-kegiatan yang ramah lingkungan. Jaga bumi kita agar tetap hijau.

Pengertian Ekosistem, Komponen, dan Macam-macam Ekosistem Lengkap | Gilang Jaka Pramana | 5