Mikroskop dan Metode Ilmiah Biologi Kelas 7 SMP

Mikroskop dan Metode Ilmiah - Di dalam memecahkan masalah seoang peneliti melakukan beragam proses yang disebut sebagai kerja ilmiah. Guna meningkatkan kemampuan kita dalam berfikir kita harus menanamkan serta menerapkan sifat ilmiah yang menjadi dasar di dalam kerja ilmiah. Sikap ilmiah terdiri dari rasa ingin tahu, jujur, tekun, telitim serta objektif. Maka dari itu dapat kita ambil kesimpulan bahwa pengertian dari metode ilmiah ataupun proses ilmiah adalah sebuah proses keilmuan yang bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan dengan cara yang sistematis, empiris, serta terkontrol dengan baik. 

Mikroskop dan Metode Ilmiah

Sebelum melaksanakan sebuah kerja ilmiah terhadap sebuah objek yang akan diteliti ataupun diamati, kita harus mempersiapkan perencanaan penelitiannya terlebih dahulu. Fungsi dari perencanaan penelitian adalah agar kita memiliki pedoman yang baik sehingga proses-proses yang kita lakukan ketika melaksanakan kerja ilmiah dapat berjalan dengan baik dan sistematis. Berikut adalah langkah-langkah yang biasanya tercantum dalam perencanaan penelitian:

  • Merumuskan masalah
  • Mengumpulkan data dan keterangan
  • Menyusun dugaan sementara (hipotesis)
  • Melaksabakan penelitian untuk membuktikan hipotesis
  • Mengumpulkan data dari hasil penelitian
  • Mengolah dan menganalisis data
  • Menyimpulkan jawaban


Setelah melaksanakan seluruh kegiatan di atas, kita sebaiknya menuliskannya di dalam sebuah laporan penelitian. Laporan penelitian merupakan sebuah karya tulis ilmiah yang berisi penjelasan hasil dari penelitian yang telah dilakukan mulai dari perumusan masalah sampai dengan pembahasan kesimpulan-kesimpulan yang dihasilkan berdasarkan hasil dari penelitian tersebut. Sebuah laporan penelitian biasanya terdiri dari:

Halaman Judul
pada bagian ini dituliskan judul penelitian, nama siswa yang melakukan penelitian, kelas, nama sekolah, serta tahun pembuatan laporan.

Halaman Pendahuluan
Berisi latar belakang masalah yang menjadi dasar dilaksanakannya penelitian tersebut.

Tujuan Penelitian
Berisi tujuan dari penelitian yang akan telah dilakukan.

Alat dan Bahan
Berisi daftar alat dan bahan apa saja yang digunakan di dalam penelitian tersebut.

Langkah Kerja
Berisi prosedur atau langkah-langkah penelitian yang dilakukan dari awal sampai akhir.

Hasil dan Pembahasan
Berisi hasil dari penelitian serta pembahasan mengenai hasil penelitian tersebut.

Kesimpulan
Berisi kesimpulan apa saja yang dapat ditarik berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan.

Daftar Pustaka
Berisi referensi yang digunakan untuk mendukung penelitian yang telah dilakukan.



Mikroskop

Salah satu alat penting yang biasa digunaan di dalam sebuah penelitian atau kerja ilmiah adalah mikroskop. Mikroskop merupakan sebuah alat yang dirancang agar bisa digunakan untuk meneliti benda-benda yang berukuran sangat kecil. Berikut ini adalah gambar bagian-bagian dari sebuah mikroskop:

Mikroskop dan Metode Ilmiah Biologi Kelas 7 SMP
Source: Google Images

Bagian-bagian Mikroskop


Lensa Okuler
lensa yang digunakan sebagai tempat mengamati preparat. Lensa inilah yang bersentuhan langsung dengan mata pengamat. lLensa ini menghasilkan bayangan yang maya tegak dan diperbesar.

Lensa Objektif
Lensa ini berdekatan dengan objek yang diamati. Lensa ini menghasilkan bayangan benda yang nyata, terbalik, dan diperbesar.

Tabung Mikroskop
Berfungsi untuk mengatur fokus antara lensa okuler dan lensa objektif.

Makro meter
Digunakan untuk menaikkan atau menurunkan tabung mikroskop secara cepat.

Mikro meter
Berfungsi untuk menaikkan atau menurunkan tabung mikroskop secara perlahan.

Revolver
Alat untuk mengatur perbesaran lesa objektif.

Reflektor
berfungsi untuk memantulkan cahaya dari cermin menuju meja objek melalui lubang yang berada di meja objek dan mengarah kepada mata pengamat. 

Diafragma
untuk mengatur banyak/sedikitnya cahaya yang masuk.

Kondensor
untuk mengumpulkan cahaya yang masuk.

Meja Mikroskop
tempat meletakan objek/preparat yang akan diamati.

Penjepit Kaca
untuk menjepit kaca preparat.

Lengan Mikroskop
Pegangan mikroskop.

Kaki Mikroskop
untuk menopang mikroskop.

Sendi Inklinasi
untuk mengatur sudut kemiringan mikroskop.

Ada beberapa jenis mikroskop. Jika didasarkan epada sumber cahaya yang digunakan, mikroskop dibedakan menjadi mikroskop cahaya dan mikroskop elektron. Mikroskop cahaya dibagi lagi menjadi mikroskop diseksi dan mikroskop monokuler dan binokuler. 

Berdasarkan tingkat kerumitan penggunaannya mikroskop dibedakan menjadi mikroskop sederhana dan mikroskop riset. mikroskop sederhana biasanya digunakan oleh para pelajar di sekolah. sementara mikroskop riset biasa digunakan oleh para peneliti dan ilmuwan.

Objek yang akan diamati dengan menggunakan mikroskop haruslah diubah menjadi preparat. berikut adalah contoh gambar preparat:

Mikroskop dan Metode Ilmiah Biologi Kelas 7 SMP
Source: Google Images


Demikianlah pembahasan materi Gudang Biologi kali ini  mengenai Mikroskop dan Metode Ilmiah. Sampai berjumpa lagi pada materi biologi selanjutnya.
Mikroskop dan Metode Ilmiah Biologi Kelas 7 SMP | Gilang Jaka Pramana | 5