Penjelasan Sistem Reproduksi pada Manusia Lengkap

Sistem Reproduksi pada Manusia - Sistem reproduksi diperlukan untuk produksi makhluk hidup baru. Kemampuan untuk bereproduksi merupakan karakteristik dasar kehidupan. Pada reproduksi seksual, dua individu menghasilkan keturunan yang memiliki karakteristik genetik dari kedua orang tuanya. Fungsi utama dari sistem reproduksi adalah untuk menghasilkan sel-sel laki-laki dan jenis kelamin perempuan dan untuk menjamin pertumbuhan dan perkembangan anak.

Sistem reproduksi terdiri dari organ reproduksi laki-laki dan perempuan dan struktur. Pertumbuhan dan aktivitas organ dan struktur ini diatur oleh hormon. Sistem reproduksi terkait erat dengan sistem organ lain, terutama sistem endokrin dan kantung kemih.
Sistem Reproduksi pada Manusia
Source: Google Images

Sistem Organ Reproduksi

Kedua organ reproduksi pria dan wanita memiliki struktur internal dan eksternal. Organ reproduksi dianggap baik organ  primer ataupun sekunder. Organ reproduksi utama adalah gonad (ovarium dan testis), yang bertanggung jawab untuk gamet (sperma dan sel telur) dan produksi hormon. Struktur reproduksi lain dan organ dianggap struktur reproduksi sekunder. Organ sekunder membantu dalam pertumbuhan dan pematangan gamet dan mengembangkan keturunan.

Sistem Reproduksi Wanita

Labia majora:
berbentuk bibir besar-seperti yang lebih besar eksternal yang menutupi dan melindungi struktur seksual.

Labia minora:
berbentuk bibir kecil eksternal yang ditemukan di dalam labia mayora. Mereka menyediakan perlindungan bagi klitoris dan uretra dan bukaan vagina.

Klitoris:
organ seksual yang sangat sensitif terletak di depan lubang vagina. Ini berisi ribuan ujung saraf sensorik dan merespon rangsangan seksual.

Vag*na:
Berserat, kanal otot terkemuka dari leher rahim (pembukaan rahim) ke bagian luar kanal genital.

Rahim:
Organ otot yang rumah dan memelihara gamet betina setelah pembuahan. Juga disebut rahim, rahim adalah di mana janin berkembang berada selama kehamilan.

Tuba Fallopi:
Tabung rahim yang transportasi sel telur dari ovarium ke rahim. Pemupukan biasanya terjadi dalam tabung tersebut.

Ovarium:
struktur reproduksi primer wanita yang memproduksi gamet dan hormon seks. Ada satu ovarium pada setiap sisi rahim.

Sistem Reproduksi Laki - laki

Sistem reproduksi laki-laki terdiri dari organ-organ seksual, kelenjar aksesori, dan serangkaian sistem saluran yang menyediakan jalur untuk sel sperma yang subur untuk keluar tubuh. Struktur reproduksi pria termasuk pen*s, testis, epididimis, vesikula seminalis, dan kelenjar prostat.

Reproduksi Sistem: Produksi gamet

Gamet yang dihasilkan oleh proses pembelahan sel dua bagian yang disebut meiosis. Melalui urutan langkah-langkah, DNA direplikasi dalam sel induk didistribusikan di antara empat sel anak. Meiosis menghasilkan gamet dengan satu setengah jumlah kromosom sebagai sel induk. Karena sel-sel ini memiliki satu setengah jumlah kromosom sebagai sel induk, mereka disebut sel haploid. Sel kelamin manusia mengandung satu set lengkap 23 kromosom. Ketika sel kelamin bersatu selama pembuahan, dua sel haploid menjadi satu sel diploid yang berisi 46 kromosom.

Produksi sel sperma yang dikenal sebagai spermatogenesis. Proses ini terjadi terus menerus dan berlangsung dalam testis laki-laki. Ratusan juta sperma harus dikeluarkan agar pembuahan berlangsung. Sedangkan Oogenesis (Pengembangan ovum) terjadi di indung telur perempuan. Dalam meiosis I oogenesis, sel anak dibagi asimetris. Hasil sitokinesis asimetris ini dalam satu sel telur besar (oosit) dan sel-sel kecil yang disebut badan polar. Mayat polar menurunkan dan tidak dibuahi. Setelah meiosis I selesai, sel telur disebut oosit sekunder. Oosit sekunder haploid hanya akan menyelesaikan tahap meiosis kedua jika menemukan sel sperma dan pembuahan dimulai. Setelah pembuahan dimulai, oosit sekunder menyelesaikan meiosis II dan kemudian disebut ovum. Ovum sekering dengan sel sperma, dan pemupukan selesai. Ovum yang telah dibuahi disebut zigot.
Penjelasan Sistem Reproduksi pada Manusia Lengkap | Dani Erfan Saputra | 5