Perkembangbiakan pada Tumbuhan

Perkembangbiakan pada Tumbuhan - Jika sebelumnya telah dibahas materi mengenai perkembangbiakan pada hewan sekarang kita akan bersama-sama mempelajari perkembangbiakan yang terjadi pada hewan. Tumbuhan bisa berkembangbiak dengan dua cara, yaitu secara kawin (generatif) dan secara tak kawin (vegetatif).  Biasanya tumbuhan yang memiliki bunga berkembangbiak secara generative, sementara tumbuhan yang tidak memiliki bunga kebanyakan berkembangbiak secara vegetative. Selain itu, tumbuhan juga dapat berkembangbiak dengan adanya bantuan dari makhluk lain, contohnya manusia. Karena manusia memiliki kecerdasan, maka mansia terkadang melakukan pembudidayaan terhadap suatu tumbuhan dan secara tidak langsung itu membantu proses perkembangbiakan dari tumbuhan tersebt sehingga tidak engalami kepunahan. Baiklah, sekarang kita langsung saja simak materi pelaaran biologi seputar perkembangbiakan pada tumbuhan:

Perkembangbiakan pada Tumbuhan

Perkembangbiakan pada Tumbuhan Secara Generatif (kawin)

Perkembangbiakan generatif pada hewan dapat diartikan sebagai munculnya tumbuhan baru yang dihasilkan dari proses penyerbukan. Penyerbukan adalah sebuah proses dimana serbuk sari jatuh ke kepala putik. Setelah proses penyerbukan terjadi maka akan berlanjut pada tahap pembuahan yang pada akhirnya akan menghasilkan buah atau biji. Biji tersebutlah yang nantinya akan berkembang menjadi tumbuhan baru. Berdasarkan kepada asal serbuk sari, maka penyerbukan ndapat dibedakan menjadi empat, yaitu:

Penyerbukan Sendiri

Artinya serbuk sari yang jatuh ke kepala putik berasal dari bunga itu sendiri.

Penyerbukan Tetangga

Artinya serbuk sari yang jatuh ke kepala putik berasal dari bunga yang lain tetapi masih di dalam satu pohon.

Penyerbukan Silang

Artinya serbuk sari yan jatuh ke kepala putik berasal dari bunga lain yang berbeda pohon akan tetapi pohonnya masih sejenis.

Penyerbukan Bastar

Artinya serbuk sari yang jatuh ke kepala putik berasal dari bunga yang lain yang berada di pohon yang lain dan memiliki spesies yang berbeda dengan pohon tersebut.


Perkembangbiakan pada Tumbuhan Secara Vegetatif (Tak Kawin)

Perkembangbiakan vegetative pada tumbuhan dibedakan menjadi vegetative alami dan vegetative buatan.

Vegetatif Alami

Perkembangbiakan vegetative alami adalah perkembangbiakan yang terjadi pada tumbuhan tanpa mengalami proses kawin dan berlangsung secara alami tanpa adanya bantuan dari manusia. Contoh dari vegetative alami adalah:

Umbi Batang
Umbi batang merupakan batang yang tumbuh di dalam tana dan pada bagian ujungnya menggelembung secara alami kemudian menjadi umbi. Contohnya adalah Kentang.

Umbi Lapis
Umbi lapis adalah pelepah daun yang berlapis-lapis. Contoh dari tumbuhan yang berkembangbiak dengan umbi lapis adlaah bawang, bunga bakung dan bunga tulip.

Umbi Akar
Umbi akar adalah akar yang kemudian menggelembung dan menyimpan cadangan makanan. Jika umbi akar ini ditanam bersama dengan pangkal batang maka akan tumbuh tunas. Contohnya adlaah wortel, lobak, dahlia, serta singkong.

Akar Tinggal (Rhizoma)
Akar tinggal adalah batang yang seluruhnya berada di dalam tanah. Tumbuhan yang berkembangbiak dengan akar tinggal adalah jahe, lengkuas, kencur, kunyit, dsb.

Geragih
Geragih atau stolon merupakan bagian batang tumbuhan yang tumbuh mendatar di permukaan tanah. Geragih digunakan oleh beberapa tumbuhan seperti stroberi, rumput teki, dan arbei.

Tunas
Tunas tumbuh dari batang yang terdapat di dalam tanah. Contoh tanaman yang menggunakan tunas untuk berkembang biak adalah tebu, bambu, dan pisang.

Tunas Adventif
Tunas adventif adalah tunas yang tidak tumbuh di bagian batang tumbuhan. Contohnya ada pada tanaman cocor bebek, cemara, dan sukun.


Vegetatif Buatan

Perkembangbiakan vegetative buatan adalah perkmebangbiakan yang sengaja dilakukan oleh manusia untuk membudidayakan suatu tanaman. Contohnya adalah:

Mencangkok
Mencangkok merupakan cara memperbanyak tumuhan melalui proses pemotongan dahan tumbuhan dari induknya. Namun sebelumnya batang  tersebut dibalut dengan tanah selama beberapa hari sampai tumbuh akar. Beberapa jenis tanaman yang dapat dicangkok adalah jambu, mangga, jeruk, dsb.

Menempel (okulasi)
Okulasi ataupun menempel adalah menempelkan mata tunas dari dua tanaman yang sejenis akan tetapi memiliki sifat yang berbeda. Tujuan dari okulasi adalah menggabungkan sifat-sifat unggul yang dimiliki oleh kedua tanaman tersebut.

Menyambung
Upaya menggabungkan batang atas dan batang bawah dari dua tanaman sejenis. Sama seperti okulasi, tujuan menyambung adalah untuk menggabungkan sifat ungguld ari dua tanaman tersebut.

Menyetek
Menyetek merupakan cara memperbanyak tumbuhan dengan menancapkan atau menanam potongan dari batang tumbuhan. Cara ini biasanya digunakan pada tanaman singkong, mawar, tebu, kangkung, dsb.

Merunduk
Merunduk adalah upaya memperbanyak tumbuhan dengan cara merundukan batang atau cabang dari tanaman tersebut ke dalam tanah sehingga tumbuh akar untuk kemudian dipotong dan dipindahkan. Tanaman yang bisa diperbanyak dengan cara ini adalah alamanda, apel, anyelir, anggur, dsb.

Demikianlah akhir dari materi mengenai Perkembangbiakan pada Tumbuhan. Pada materi selanjutnya akan dibahas mengenai perkembangan fisik pada manusia.
Perkembangbiakan pada Tumbuhan | Gilang Jaka Pramana | 5