Perkembangbiakan pada Hewan

Perkembangbiakan pada hewan - Salah satu ciri-ciri dari makhluk hidup adalah berkembangbiak. Itu adalah cara untuk mempertahankan keberadaan atau eksistensi dari suatu spesies makhluk hidup. Tentunya setiap makhluk hidup memiliki cara berkembang biak yang berbeda tergantung kepada kondisi fisik dan alam tempat mereka hidup. Untuk materi kali ini yang akan dibahas adalah mengenai perkembangbiakan pada hewan. Hewan atau binatang pada umumnya berkembang biak dengan dua cara yaitu secara kawin dan tak kawin.  Cara berkembangbiak tersebt biasanya dipengaruhi oleh susunan sel di dalam tbuh hewan tersebut. Hewan-hewan yang memiliki susunan sel lebih sederhana biasanya melakukan proses perkembang biakan secara tak kawin. Sementara hewan dengan susunan sel dan jaringan yang lebih kompleks cenderung berkembangbiak dengan cara kawin. Berikut penjelasan lengkapnya:

Perkembangbiakan pada Hewan

Perkembangbiakan secara tak kawin

Artinya perkembangbiakan tersebut dilakukan tanpa melalui proses perkawinan. Contoh dari perkembangbiakan tak kawin adalah:

Membelah Diri

Proses membelah diri dilakukan oleh hewan-hewan bersel satu seperti Amoeba Sp.

Membentuk Tunas

Tunas terbentuk dari anggota tubuh yang menonjol, kemudian tunas tersebut secara perlahan memisahkan diri dari induknya dan membentuk hewan baru. Contoh dari hewan yang berkembangbiak dengan cara menumbuhkan tunas adalah Hydra.

Perkembangbiakan secara kawin

Perkembangbiakan secara kawin disebut juga dengan generative. Artinya perkembang biakan yang dilakukan oleh hewan tersebut melalui proses perkawinan. Perkembang biakan dengan cara kawin dikelompokkan menjadi:

Hewan Melahirkan (vivipar)

Hewan yang masuk ke dalam kelompok vivipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara beranak. Cirri-cirinya adalah:
  • Janin tumbuh di dalam rahim induk betina (hamil)
  • Janin memperoleh nutrisi melalui tali pusat atau plasenta.
  • Pertumbuhan janin relatif lambat (berbulan-bulan).
  • Bentuk tubuh anak yang lahir sama dengan bentuk tubuh induknya.
  • Memiliki daun telinga.
  • Induk betina menyusui anak yang dilahirkannya.

Contoh hewan yang melahirkan/beranak diantaranya adalah: kambing, kucing, sapi, gajah, kerbau, dsb.

Hewan Bertelur (ovipar)

Ovipar merupakan kelompok hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Cirri-cirinya adalah:
  • Janin tumbuh diluar dari tubuh induknya dan tersimpan didalam telur yang memiliki cangkang.
  • Janin memperoleh nutrisi dari cadangan makanan yang tersimpan di dalam telur tersebut.
  • Pertumbuhan janin relatif cepat.
  • Bentuk tubuh anak pada umumnya sama dengan bentuk induknya.
  • Tidak memiliki daun telinga.
  • Tidak memiliki kelenjar susu/tidak menyusui.

Contoh dari hewan yang bertelur adalah : burung, ayam, ikan, penyu, katak, dsb.

Hewan Bertelur dan Melahirkan (Ovovivipar)

Hewan yang termasuk ke dalamkelompok Ovovivipar adalah hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur dan beranak. Ciri-ciri Ovovivipar sama dengan ovipar. Salah satu contoh hewan yang bertelur dan melahirkan adalah kadal. Kadal sebenarnya bertelur akan tetapi telur tersebut menetas di dalam perutnya sehingga anak-anak kadal dikeluarkan dengan cara melahirkan. Hewan lain yang juga tergolong kedalam hewan ovovivipar adalah ikan hiu dan beberapa jenis ular.



Dari penjelasan mengenai Perkembangbiakan pada Hewan di atas kalian sekarang bisa mengetahui berbagai cara perkembangbiakan yang dilakukan oleh hewan. Sekarang kalian bisa mengamati hewan disekitar kalian, kira-kira hewan apa saja yang termasuk kedalam kelompok vivipar, ovipar, atau ovovivipar. Selanjutnya, saya akan memberikan penjelasan mengenai perkembangbiakan pada tumbuhan. So simak terus materi pelajaran biologi yang ada di blog ini. Sampai jumpa lagi.
Perkembangbiakan pada Hewan | Gilang Jaka Pramana | 5