Perkembangan Fisik pada Manusia

Perkembangan Fisik pada ManusiaPertumbuhan dan perkembangan pada manusia telah terjadi sejak bertemunya sel telur dengan sperma. Sel telur yang telah dibuahi tersebut kemudian disebut dengan zigot. Setelah proses pembuahan, zigot akan tumbuh secara perlahan menjadi embrio. Lalu embrio perlahan-lahan akan tumbuh menjadi janin. Pada umumnya, setelah 9 bulan dan 10 hari lahirlah janin tersebut menjadi sosok manusia yang biasa disebut dengan bayi. Setelah keluar dari rahim berikut adalah proses atau masa pertumbuhan manusia:

Perkembangan Fisik pada Manusia

Perkembangan Fisik pada Manusia


Masa Balita
Balita (bawah lima tahun) perkembangan manusia akan berjalan sangat pesatpada masa ini manusia akan belajar bagaimana cara merangkak, berdiri, berjalan, berbicara, dan masih banyak lagi.

Masa Remaja
Masa remaja disebut juga sebagai masa puber. Pada masa puber, terjadi beberapa perubahan fisik karena hormone-hormon seksual pada tahap ini mulai berfungsi. Berikut adlaah perubahan fisik yang umumnya tejadi pada masa remaja:

Laki-laki:
Tumbuhnya rambut pada bagian-bagian tertentu
Suara membesar
Dada menjadi bidang
Mengalami mimpi basah

Perempuan
Pinggul melebar, payudara membesar.
Tumbuh rambut pada bagian-bagian tertentu
Meningkatnya emosi
Mengalami menstruasi

Masa Dewasa
Pada masa dewasa pemikiran manusia mulai berkembang dengan beragam pengetahuan yang didapatnya disekolah dan lingkungan sehari-hari. Pada masa dewasa manusia sudah mulai memikirkan untuk meneruskan keturunan. Olah karenanya pada masa ini manusia memutuskan untuk menikah, bekerja, dsb.

Masa Lanjut Usia
Pada masa ini, fungsi organ-organ pada tubuh manusia mulai berkurang seiring bertambahnya umur.

Itulah penjelasan mengenai tahapan Perkembangan Fisik pada Manusia mungkin sekarang ini kalian masih ada pada tahapan masa remaja dimana kalian harus terus belajar dan mengembangkan diri dengan banyak ilmu agar ketika menginjak masa dewasa kalian sudah tidak bingung untuk menentukan pekerjaan dan bisa mempersiapkan diri untuk menikah. Maka, teruslah belajar agar kalian sukses di kemudan hari.
Perkembangan Fisik pada Manusia | Gilang Jaka Pramana | 5